Kompas.com - 31/10/2015, 14:02 WIB
Pantai Ayah, Kebumen, Jawa Tengah MarcellPantai Ayah, Kebumen, Jawa Tengah
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KEBUMEN, KOMPAS.com - Garis Pantai Selatan yang membentang di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah masih sangat potensial untuk dikembangkan menjadi obyek wisata pantai. Beberapa pantai baru yang mempunyai panorama alam indah dibuka masyarakat bekerja sama dengan Perum Perhutani. Pantai potensial yang dibuka misalnya, Pantai Pasir, Pantai Pecaron, Pantai Meganti, dan pantai lainnya.

"Ada empat titik yang sudah diajukan. Semuanya berkaitan dengan pantai. Potensinya luar biasa," kata Suhartoyo, Asper Kepala Kelompok Pemangku Hutan wilayah Kedu Selatan, Jumat (30/10/2015).

Setelah masyarakat mengajukan proposal pembukaan wisata pantai, pihak Perhutani lantas mengkajinya. Jika memang layak dikembangkan, maka akan dibangun bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Pemangku Hutan (LPMH).

Desa yang mempunyai potensi wisata bagus juga bisa diberi kewenangan mengurus wisata. Menurut Hartoyo, wilayah yang berada di dalam lahan konsesi bisa dikerjasamakan untuk tujuan wisata.

"Kalau buat jalan bisa, semua ada teknisnya. Tapi, semua masih pada proposal," tambahnya.

Anggota Perhutani lainnya, Hanafi menambahkan, hingga akhir bulan November 2015 beberapa pantai baru yang dibuka di atas lahan konsesi Perhutani sudah menghasilkan laba. Ia memprediksi pemasukan bersih hingga akhir tahun mencapai Rp 2 Miliar.

"Sekarang tiket saja sudah 1.06 miliar. Nanti akhir bisa tahun 2 M. Pembangiannya nanti Perhutani 30 persene, sisanya LMDH 70 persen," tambah Hanafi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan warga yang ingin membuka lahan wisata baru untuk bekerja bersama-sama. Pihaknya juga menyarankan untuk proaktif bekerja sama dengan dinas pariwisata serta instansi lainnya.

"Kalau Anda punya wilayah bagus, tapi nggak punya uang, ya gerak. Jangan duduk. Undang investor, jangan dipikir sendiri. Harus dikerjakan bersama-sama," sarannya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.