Bersepeda di Kaki Langit Himalaya - 4

Kompas.com - 01/11/2015, 09:08 WIB
Anak-anak Desa Pandrass, India, berlarian mencegatku dan mengamati semua yang ada di sepeda. MAX AGUNG PRIBADIAnak-anak Desa Pandrass, India, berlarian mencegatku dan mengamati semua yang ada di sepeda.
EditorI Made Asdhiana
Wartawan Warta Kota, Max Agung Pribadi melakukan penjelajahan bersepeda seorang diri ke kawasan Pegunungan Himalaya di India pada 28 September-17 Oktober 2015.

Berikut seri ke-4 laporannya yang disajikan dalam 10 tulisan.

*****

LEGA karena sudah mendapatkan spiritus, sepeda kupacu menyusuri jalan besar menuju Danau Dal yang terkenal itu, sekaligus mencari penginapan.

Senja sudah tiba saat aku duduk di pinggiran danau. Sinar mentari keemasan jatuh di permukaan danau  menimbulkan kilatan-kilatan cemerlang di riaknya.

Indah suasana sore itu agak terganggu dengan teriakan-teriakan calo kamar yang menawarkan houseboat atau penginapan di atas perahu yang khas serta klakson mobil yang terus berisik.

Penduduk sekitar danau memang hidup di atas perahu-perahu besar yang sebagian kamarnya dijadikan penginapan.

Aku tak berminat merasakan atraksi turis itu karena membawa sepeda penuh barang dan memilih mencari penginapan murah di kawasan Khowlon Chok.

Sebuah penginapan sederhana di pinggir danau kecil dengan tarif 400 rupee menjadi tempat istirahat yang nyaman untuk menyiapkan perjalanan esok hari.

MAX AGUNG PRIBADI Di pinggiran danau kecil di Srinagar, India. Houseboat yang disewakan untuk penginapan menjadi salah satu mata pencarian penduduk Srinagar.
Rata-rata penginapan di India dilengkapi keran air hangat. Apalagi di daerah dingin seperti Srinagar dengan suhu menjelang musim dingin ini rata-rata 10 derajat Celcius.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X