Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Tips Ini Sebelum Terbang

Kompas.com - 04/11/2015, 10:46 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ingin pergi jauh, terbang salah satu alternatif terbaik yang dapat digunakan. Tapi kesalahan-kesalahan kecil di bandara bisa saja merusak liburan Anda, bahkan membatalkannya.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diharapkan, berikut tips yang dapat dilakukan saat di bandara.

Cetak Tiket

Jika membeli tiket secara online, pastikan untuk mencetaknya. Tak perlu di kertas baru yang rapih, gunakan saja kertas bekas, yang penting nama dan barcode terbaca jelas.

Menunjukkan tiket di handphone untuk melewati pemeriksaan masuk terminal dan mendapatkan boarding pass terdengar praktis, tapi siapa yang bisa menjamin handphone Anda tetap hidup dan tersambung dengan internet?

Datang Minimal 2 Jam Lebih Awal

Perlengkapan yang sudah Anda kemas berjam-jam di rumah bisa saja harus dibongkar kembali setelah melewati mesin pemindai. Belum lagi jika harus wrapping dan antre boarding pass.

Gunakan Batas Bagasi Anda

Setiap maskapai memiliki jatah bagasi berbeda, ketahui berapa batas bagasi Anda dan manfaatkan ini untuk memberi ruang lebih di tempat duduk Anda. Penerbangan jauh butuh ruang kaki yang luas. Pisahkan saja dompet dan handphone Anda dari tas.

Tempelkan Stiker "Fragile"

Sebelum tas Anda berjalan masuk ke bagasi, mintalah tempelkan stiker "fragile" pada barang Anda, agar diletakkan paling atas dan keluar pertama saat pengambilan nanti.

Bawa Jaket

Kita tidak bisa mengatur suhu pendingin ruangannya. Jikapun tidak digunakan dapat menjadi bantal, atau mengisi ruang kosong antara pinggang dengan kursi, agar tidak pegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com