Bersepeda di Kaki Langit Himalaya - 10

Kompas.com - 07/11/2015, 09:21 WIB
MAX AGUNG PRIBADI Membenahi perlengkapan sebelum jalan dari puncak Baralacha La (4.950m).
Wartawan Warta Kota, Max Agung Pribadi melakukan penjelajahan bersepeda seorang diri ke kawasan Pegunungan Himalaya di India pada 28 September-17 Oktober 2015.

Berikut seri ke-10 laporannya yang merupakan tulisan terakhir.

*****

TURUN dari Lachulung La, kusempatkan makan di warung tenda di Whiskey Nala. Kulihat awan hitam terlihat bergerak memayungi puncak. Angin bertiup kencang dari atas membawa uap air.

Sempat khawatir badai akan datang tapi setelah makan aku putuskan untuk terus mendaki. Aku tidak bisa menunggu terlalu lama. Kubungkus rapat semua barang dan menyiapkan rain coat untuk bermain-main dengan badai.

Sambil jalan aku berbisik, ”Nakee La, tolong izinkan aku lewat, sekali ini saja.”

Aku terus merayap sampai akhirnya mencapai puncak Nakee La. Awan mendung yang tadi memayungi puncak ternyata sudah bergerak ke arah punggung gunung tinggi di sebelah timur. Lega sekali rasanya.

Sesudah menggapai puncak-puncak di atas 4.000 meter, aku benar-benar lega meski masih ada satu puncak lagi sebelum turun ke Manali, yaitu Rohtang La (3.950m).

MAX AGUNG PRIBADI Koksar, desa terakhir sebelum pendakian ke Rohtang La (3.950m). Desa ini juga menjadi tempat perhentian turis yang melintas di kawasan ini.
Kususuri jalan melipir lereng menyusuri Sungai Bhaga sampai di Koksar. Dataran di pinggir sungai mulai dari Jispa sampai Koksar dijadikan lahan pertanian kentang dan kubis.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorI Made Asdhiana
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X