Kompas.com - 07/11/2015, 12:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JEJU, KOMPAS.com - Seoul merupakan destinasi wisata di Korea Selatan yang menjadi favorit wisatawan Indonesia. Namun, ada alternatif destinasi wisata lain yaitu Pulau Jeju.

Apalagi secara harga, beberapa hal kebutuhan wisatawan lebih murah didapatkan di Pulau Jeju dibanding di Seoul, ibu kota Korea Selatan.

"Ya, beberapa memang lebih murah. Seperti ikan, karena Jeju adalah pulau yang dikelilingi laut, ikan bisa didapatkan dengan harga lebih murah dibanding di Seoul, begitu pula dengan ubi," jelas Jeyang Kim, pemandu wisata yang biasa memandu wisatawan Asia di Pulau Jeju, kepada KompasTravel, di Jeju, Korea Selatan, Jumat (6/11/2015).

Memang, lanjut Kim, seperti bensin di Pulau Jeju lebih mahal, karena harus membawanya dari mainland (daratan utama). Namun, ongkos transportasi umum tidak ada bedanya dengan di Seoul. "Tarif taksi dan bus sama saja," katanya.

Sementara untuk hotel, Kim membandingkan harga hotel bintang tiga di Seoul rata-rata 150 dollar AS per malam.

"Kalau di Jeju, bintang tiga bisa didapat dengan harga sekitar 100 dollar AS per malam," terangnya.

Apalagi, wisatawan Indonesia ke Pulau Jeju tidak memerlukan visa. Selama ini, wisatawan Indonesia ke Korea Selatan memerlukan visa.

Sayangnya, tidak ada penerbangan langsung antara Jakarta-Jeju. Wisatawan yang ingin ke Jeju harus transit terlebih dahulu di kota atau negara lain.

Pulau Jeju ibarat terpencil dari mainland yaitu semenanjung Korea. Lokasinya di antara China, Korea, dan Jepang.

Namun, Pulau Jeju sangat hidup, dengan toko-toko modern yang berdampingan dengan budaya tradisional yang masih kental di Jeju.

Pulau ini menawarkan keindahan alam dan pesona budaya bagi wisatawan. Ada banyak obyek wisata mulai dari museum, pantai, hingga pegunungan.

Pulau ini sering kali disebut pulau warisan dunia. Sebab Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan Pulau Jeju sebagai Taman Bumi (Geopark) tahun 2010, Warisan Alam Dunia tahun 2007, dan Cagar Biosfer tahun 2002. (NI LUH MADE PERTIWI F dari Jeju, Korea Selatan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.