Kompas.com - 08/11/2015, 11:26 WIB
Suasana di kompleks Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (12/7/2015). Selain sarat nilai sejarah, makam tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi umat muslim di Cirebon. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana di kompleks Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (12/7/2015). Selain sarat nilai sejarah, makam tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi umat muslim di Cirebon.
EditorI Made Asdhiana
CIREBON, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata bersama keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, menggelar Forum Group Discussion (FGD) guna membahas pengembangan destinasi Jalur Samudera Cheng Ho dan Cirebon merupakan salah satu kota destinasi tersebut.

"Cirebon merupakan salah satu kota dari sembilan kota yang direncanakan masuk dalam agenda pengembangan destinasi pariwisata unggulan Jalur Samudera Cheng Ho," kata Menteri Pariwisata melalui Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, di Cirebon, Sabtu (7/11/2015).

Sembilan kota yang akan menjadi destinasi wisata Jalur Samudera Cheng Ho yaitu dari ujung Sumatera sampai ujung Bali yaitu, Banda Aceh, Batam, Bangka Belitung, Palembang, Jakarta, Cirebon, Semarang, Surabaya dan Denpasar.

FGD merupakan program destinasi dan industri pariwisata dalam rangka mengusulkan sembilan kota tersebut menjadi destinasi pariwisata Jalur Samudera Cheng Ho.

"Sekarang kami sedang mempersiapkan salah satu program pariwisata unggulan yang diharapkan mampu menarik wisatawan mancanegara khususnya wisatawan China," tuturnya.

Pada tahun 2016 direncanakan tidak hanya sembilan kota tapi masih banyak kota lain yang akan dijadikan destinasi wisata Jalur Samudera Cheng Ho, seperti kawasan pantai timur Sumatera, Selat Malaka, Pantai Utara Jawa dan Pantai Barat Kalimantan.

BARRY KUSUMA Kota Cirebon kaya dengan bangunan-bangunan bersejarah.
"Apabila gagasan itu bisa direalisasikan, maka pariwisata ini akan menjadi jalur wisata budaya maritim," ujar Ukus.

Sementara itu Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Arief Natadiningrat menambahkan dengan ditetapkannya Cirebon sebagai salah satu Jalur Samudera Cheng Ho diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam mencapai target pariwisata 2019 yaitu 20 juta wisatawan mancanegara.

"Dengan dijadikannya Cirebon salah satu kota destinasi pariwisata Jalur Samudera Cheng Ho diharapkan bisa menaikkan lagi kunjungan wisatawan mancanegara," tambah Pangeran Arief.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.