Kompas.com - 08/11/2015, 20:29 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JEJU, KOMPAS.com - Jika Anda ingin pelesir ke Korea Selatan namun gagal mendapatkan visa, ada alternatif lain yang memungkinkan hal itu terjadi. Pulau Jeju di Korea Selatan menerapkan bebas visa untuk 187 negara termasuk Indonesia.

"Kami menerapkan bebas visa untuk 187 negara. Jeju cocok untuk pilihan berakhir pekan. Kami ingin mempromosikan Jeju sebagai destinasi untuk wisatawan internasional," ungkap Lee Sun Hong dari bagian pemasaran Jeju Tourism Organization, di Jeju, Korea Selatan, Sabtu (7/11/2015).

Dengan kemudahan bebas visa ini, wisatawan Indonesia bisa langsung datang ke Pulau Jeju tanpa perlu repot mengurus visa. Hanya saja, seperti diakui Gubernur Jeju Won Heeryong, kesulitan bagi wisatawan di kawasan Asia Tenggara untuk datang ke Jeju adalah akses penerbangan.

"Sebagian besar negara di Asia Tenggara tidak ada penerbangan langsung ke Jeju, biasanya harus lewat Incheon. Kami tengah berusaha mengatasai hal ini," katanya.

KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN Turis menelusuri Goa Manjang, goa lava yang terbentuk akibat peristiwa vulkanik, di Jeju Utara, Pulau Jeju, Korea Selatan, Jumat (22/11/2013). Pulau Jeju ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Alam Dunia tahun 2007.
Bandara Incheon berada di mainland (daratan utama) Korea Selatan, dekat dengan Seoul, ibu kota Korea Selatan. Jika melalui bandara ini, maka wisatawan Indonesia memerlukan visa, walaupun sekadar transit.

Alternatif lain seperti diungkapkan adalah melalui Hongkong. Dragon Air, maskapai penerbangan berbiaya rendah dan merupakan anak perusahaan Cathay Pacific, memiliki rute Hongkong-Jeju yang terbang tiga kali seminggu.

Wisatawan Indonesia yang pergi ke Hongkong tidak memerlukan visa. Jadi, dengan naik Cathay Pacific, wisatawan Indonesia bisa berangkat melalui Jakarta ke Jeju dengan transit di Hongkong.

Sementara itu, lanjut Ji-hyeon Yang, pilihan lain adalah transit di Bangkok, Thailand. Ia mengaku ada maskapai penerbangan yang baru buka rute Bangkok-Jeju.

"Maskapai Eastarjet baru saja buka rute Bangkok-Jeju akhir Oktober lalu. Penerbangannya tersedia setiap hari," terangnya.

THINKSTOCKPHOTOS Wisatawan di Pulau Jeju, Korea Selatan.
Eastarjet merupakan maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Korea Selatan. Wisatawan Indonesia juga tidak memerlukan visa untuk berkunjung ke Bangkok.

Selain itu, ada banyak maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta-Bangkok, baik LCC maupun full service airline.

Sayangnya, rute baru tersebut bersifat sementara, hanya tersedia hingga akhir November tahun ini. Jadi jika berminat, segera agendakan kunjungan wisata Anda ke Pulau Jeju dalam waktu dekat. (NI LUH MADE PERTIWI F dari Jeju, Korea Selatan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.