Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Menggunakan Kartu Kredit Saat "Traveling"

Kompas.com - 09/11/2015, 14:12 WIB
KOMPAS.com - Beberapa hal harus diperhatikan dengan seksama saat menggunakan kartu kredit, untuk meminimalisir resiko yang mungkin dihadapi. Berikut panduan dari Ezytravel.co.id mengenai penggunaan kartu kredit saat traveling. Sehingga dapat dipastikanmemastikan penggunaan aman dan membuat traveling menjadi lebih mudah.

Sebelum melakukan perjalanan:

- Memilih kartu yang kompatibel dengan negara yang akan dikunjungi. Biasanya kartu dengan logo Visa atau MasterCard dapat digunakan di sebagian besar negara.

- Menghubungi pihak bank, tujuannya untuk meminimalisir kemungkinan diblokir karena aktivitas yang dianggap mencurigakan.

Selama perjalanan:

- Simpan bukti pembayaran atau tanda terima yang telah dikeluarkan guna melacak kembali apabila diperlukan.

- Gunakan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat, hotel atau sewa mobil karena biasanya mendapat harga lebih baik daripada menggunakan uang tunai.

- Siapkan juga uang tunai sebagai antisipasi jika tempat yang kita kunjungi tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Setelah perjalanan:

- Periksa laporan tagihan dan cek kembali bukti pembayaran atau tanda terima untuk memastikan kita tidak dibebani tagihan berlebih.

- Yang terakhir, buatlah catatan pengeluaran untuk mencatat segala biaya dan berguna sebagai acuan anggaran biaya traveling berikutnya. (*/www.jalansanasini.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com