Kompas.com - 09/11/2015, 16:02 WIB
Menaklukkan arus deras Sungai Serayu. Tribun Jateng/Muh RadlisMenaklukkan arus deras Sungai Serayu.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Janet Binazarova terlihat ragu dan takut saat diminta naik ke perahu karet. Arus Sungai Serayu yang lumayan deras membuat nyalinya ciut untuk mencoba berarung jeram.

Saat keberanian muncul, Janet terlihat bisa menikmati. Bahkan, dia ingin mengulang pengalaman menantang jeram di Sungai Serayu itu.

"Ternyata cukup menantang. Saya suka sekali," ujar turis asal Kirgistan ini.

Sungai Serayu memang menjadi junjungan penyuka rafting. Sungai yang memiliki tingkat kesulitan tiga ini tergolong masih aman bagi pemula.

Karakteristik sungai ini sangat bervariasi, mulai dari arus liar, pertemuan anak sungai, hingga beberapa titik arus berputar yang membuat wisatawan tidak akan jenuh menempuh rute rafting yang telah disediakan.

Tak kurang dari 30 jenis jeram yang tersedia, mulai jeram selamat datang, jeram panjang, hingga jeram paling esktrim, jeram double drop. Itu sebabnya, Sungai Serayu dinobatkan sebagai sungai terbaik di Jawa Tengah untuk kegiatan rafting.

sungai
Rafting di Sungai Serayu. (Tribun Jateng/Muh Radlis)

Satu di antara beberapa pengelola wisata rafting di Sungai Serayu, Banyuwong Adventure, menawarkan 26 kilometer jalur arung jeram. Dari total 26 kilometer itu, wisatawan bisa merasakan rafting dari Randegan Surya Yudha Park yang menempuh jarak total 26 kilometer selama 5,5 jam cukup dengan tarif Rp 325.000 per orang.

Namun, ada juga beberapa paket hemat seperti Tungguro, bertarif Rp 250.000 per orang dengan jarak tempuh 18 kilometer, Randegan bertarif Rp 220.000 per orang sejauh 16 kilometer.

Selain masih ada paket Boja bertarif Rp 195.000 per orang menempuh jarak 14 kilometer, dan The Pikas bertarif Rp 185.000 per orang untuk jarak tempuh 10 kilometer.

Dari paket itu, wisatawan sudah mendapatkan fasilitas tambahan seperti makan, air mineral, snack, menikmati sensasi kelapa muda di rest area (pertengahan jalan). Biaya ini juga sudah masuk transportasi, perlengkapan arung jeram, sertifikat, asuransi, serta satu orang pemandu rafting di setiap perahu karet.

serayu
Rafting di Sungai Serayu. (Tribun Jateng/Muh Radlis)
Di sepanjang jalur juga ada seorang fotografer yang siap mengabadikan gambar wisatawan yang melintasi jeram. Wisatawan pun tak perlu repot mengabadikan momen luar biasa itu.

Bagi wisata yang ingin menginap, tidak perlu khawatir. Ada resor dan cottage di pinggir Sungai Serayu milik The Pikas Resort. Cottage itu dikelilingi sawah, kolam ikan, dan kebun salak yang membuat nuansa alam semakin terasa dan menenangkan.

Wisatawan yang ingin memacu adrenalin di arus liar itu bisa datang di akhir dan awal tahun yaitu di bulan Desember dan Januari. Di bulan-bulan tersebut, debit air mulai bertambah. Masih bingung mencari tempat refreshing yang memacu adrenalin? Serayu jawabannya. (Tribun Jateng/Muh Radlis)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.