Berburu Destinasi Wisata Indonesia yang Belum Populer di ITM

Kompas.com - 11/11/2015, 14:00 WIB
Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung. BARRY KUSUMALumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah destinasi wisata yang belum populer di Indonesia akan dikenalkan di Indie Travel Mart (ITM) 2015 pada 12-14 November 2015 mendatang. Destinasi-destinasi wisata yang berlokasi di Pulau Jawa hingga Papua tersebut dapat para wisatawan temui dan pesan di pameran pariwisata ITM 2015.

"Mereka dari operator-operator lokal daerah. Kita ada 50 operator tur yang ikut. Banyak dari Jakarta," kata CEO TripTrus.com, Brahmantya Sakti kepada pewarta saat jumpa pers "Indie Travel Mart 2015" di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (10/11/2015)

Jenis wisata yang akan dikenalkan oleh para operator tur adalah jenis wisata alam. Jenis wisata tersebut, lanjut Brahmantya, adalah gunung, pantai, gua, bawah laut, dan pantai.

"Misalnya Ijen, Tangkahan, Sabang, Nias, Pahawang, Kiluan, Ujung Kulon, Menjangan, Teluk Hijau, Pulau Merah (Banyuwangi), Kenawa, Sumba, Alor, Bajawa, Wae Rebo, dan Baluran," kata Brahmantyo.

Brahmantya menambahkan jenis-jenis wisata alam tersebut, menurut Brahmantya, diminati oleh para wisatawan muda di Indonesia. Ia mengatakan jenis-jenis wisata tersebut berdasarkan survei yang dilakukan oleh TripTrus.com.

SENDY ADITYA SAPUTRA Pantai Ora di Desa Saleman, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.
"Ya destinasi-destinasinya, wisatawan mungkin nggak akan ada yang menginap di hotel. Paling menginap di resor," tambah dia.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah, Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Tazbir mengatakan Kementerian Pariwisata turut mengapresasi usaha pengenalan destinasi yang belum populer kepada wisatawan. Ia menyebutkan acara Indie Travel Mart merupakan gerakan anak muda yang melihat peluang di dalam negeri.

"Ya dengan memberikan akses dan kemudahan secara online (mencari paket wisata) yang bersifat personal," jelas Tazbir.

Pameran pariwisata Indie Travel Mart 2015 diselenggarakan di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB. Selain acara penjualan paket-paket wisata, terdapat pula musisi seperti RAN, Mahesa Utama, Souljah, talkshow seputar wisata nusantara, dan pertunjukkan kesenian daerah. Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk masuk ke pameran wisata Indie Travel Mart 2015.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X