Bunga Teratai dan Komodo Pota, Unggulan Wisata Manggarai Timur

Kompas.com - 11/11/2015, 16:22 WIB
Satwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012).   KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESSatwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BORONG, KOMPAS.com - Bunga teratai terbesar kedua di dunia dan satwa Komodo Pota, di Kecamatan Sambirampas, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, siap dikelola menjadi pariwisata unggulan. Pada Rabu (11/11/2015), Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada Yogyakarta untuk pengembangan dan pengelolaan destinasi ini.

Hal ini dijelaskan Wakil Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas kepada KompasTravel di ruangan kerjanya di Lehong, Rabu (11/11/2015). Menurutnya, Pemerintah Daerah Manggarai Timur lebih tertarik untuk mengembangkan wisata alam seperti trekking ke pegunungan yang memiliki nilai sejarah, seperti situs batu kelamin perempuan dan laki-laki di Poco Ndeki, watu susu Rongga, air terjun dan lain sebagainya.

"Kami sangat fokus untuk pengembangan pariwisata alam serta berpetualangan," jelasnya.

Andreas menjelaskan pengembangan pariwisata di Manggarai Timur harus dimulai dari masyarakat itu sendiri. Ketua Lembaga Pusat Kaji dan Transformasi Sumber Daya Lokal Flores, NTT, Wempy Anggal mengatakan, Kabupaten Manggarai Timur harus memiliki branding pariwisata. Untuk itu, dalam waktu akan ada kegiatan dialog budaya dan ekowisata untuk menggali potensi keunggulan-keunggulan yang unik.

"Perlu pengkajian dan survei keunggulan peradaban sosial di wilayah Waelengga. Pengembangan pariwisata harus dimulai dari Waelengga sebagai pintu masuk wisatawan dari timur menuju ke wilayah Manggarai Raya. Waelengga sebagai "The Best Stop Between Ngada and Manggarai Raya," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X