Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Timah Indonesia Gelar Jelajah Obyek Sejarah

Kompas.com - 13/11/2015, 10:03 WIB
MUNTOK, KOMPAS.com -Pengelola Museum Timah Indonesia, di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar kegiatan jalajah obyek sejarah di Muntok khusus pelajar agar mampu meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap daerahnya.

"Kami berharap melalui kegiatan itu para pelajar yang menjadi peserta mampu meningkatkan kemampuan dalam penguasaan materi sejarah yang ada di daerahnya sekaligus berwisata," kata pengurus Museum Timah Indonesia (MTI) Eka Prabawa di Muntok, Rabu (11/11/2015).

Menurut dia, kegiatan yang dikhususkan untuk kalangan pelajar dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke dua MTI Muntok tersebut akan digelar pada Minggu (22/11). Ia mengatakan, kegiatan jelajah obyek sejarah atau "heritage trail" kali ini pihak pengurus mengundang peserta dari sejumlah sekolah di Kecamatan Muntok yang ditunjuk.

"Kami mengundang peserta mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang ada di Muntok karena berbagai keterbatasan yang ada," kata dia.

Menurut dia, jika kegiatan ini dinilai berhasil maka tidak menutup kemungkinan pada pelaksanaan tahun-tahun berikutnya akan melibatkan lebih banyak peserta dari seluruh kecamatan di daerah itu.

Jelajah objek sejarah akan dimulai di Museum Timah Indonesia menelusuri jalan ke enam objek sejarah lain meliputi objek Gudang kuning, Rumah mayor China, Makam bangsawan Melayu, Kelenteng Kong Fuk Miau, Masjid Jamik, Pesanggrahan Muntok dan kembali ke museum.

Kepala MTI Muntok, Fakhrizal Abu Bakar mengatakan pelaksanaan ulang tahun ke dua kali ini diharapkan berlangsung lebih meriah dan dapat mengumpulkan semakin banyak generasi muda semakin mengenal museum dan sejarah daerahnya.

"Kami berharap kegiatan ini bisa mendakatkan museum kepada generasi muda sehingga mereka semakin tertarik belajar sejarah," katanya. (Donatus Dasapurna Putranta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com