Kompas.com - 14/11/2015, 11:07 WIB
Pemadangan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Foto diambil dengan kamera smartphone KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYATPemadangan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Foto diambil dengan kamera smartphone
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
LOMBOK, KOMPAS.com - Ditutupnya pendakian ke Gunung Rinjani sejak 28 Oktober 2015 silam mengurangi jumlah kunjungan ke Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Padahal, di TNGR ada banyak wisata yang dapat dinikmati di luar Gunung Rinjani. Jadi, jika sudah merencanakan liburan ke Rinjani, jangan cepat-cepat membatalkannya, berikut beberapa pilihan wisata yang tak kalah seru dari mendaki Gunung Rinjani sendiri.

Bukit Nanggi

Masuk dari Desa Sembalun Bumbung, puncak Bukit Nanggi berada di ketinggian 2300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jalur pendakiannya tak sulit, bahkan dianggap 'soft trekking' alias jalan ringan.

Jika ingin mendaki, perlu membayar tiket Rp 10.000. Di puncaknya, terlihat pemandangan Gunung Rinjani, Gunung Tambora, Gili Lawang, dan jika berjalan sedikit lagi dapat melihat Gili Kondo. Hal terbaik yang dapat dinikmati di sini tentu saja melihat keindahan matahari terbit. Atau, tantang diri untuk berendam di Aik Nyet, sumber air dingin yang ada di sana.

Kolam Telaga Batu

Masih di Sembalun Bumbung ada air terjun bertingkat dua yang dapat dikunjungi. Air terjun yang di atas digunakan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar, sementara air terjun yang di bawah bermuara di kolam yang disebut Telaga Batu.

Diberi nama Telaga Batu karena terbentuk dari batu bekas letusan Gunung Samalas. Jika berani, tantang diri untuk mandi dalam dinginnya kolam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.