Kompas.com - 14/11/2015, 13:06 WIB
Pantai Trikora di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. BARRY KUSUMAPantai Trikora di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BATAM, KOMPAS.com - Puluhan destinasi wisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dirancang eksklusif untuk wisatawan mancanegara kelas atas, dengan menawarkan suasana dan lingkungan yang alami.

"Di Lagoi saja ada belasan, belum di tempat lain. Destinasi itu memang menggarap segmen 'middle up'," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Guntur Sakti di Batam Kepri, Kamis (12/11/2015).

Sejumlah pulau di Kepri bahkan dikelola oleh Penanam Modal Asing, yang kemudian potensi pariwisatanya juga ditawarkan kepada turis mancanegara.

Menurut dia, hal itu diperbolehkan karena setiap pengusaha berhak membatasi segmen pasarnya, sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

"Ada beberapa pulau dikelola PMA yang segmentasinya juga turis asing. Misalnya pulau Mikoi, Pulau Bawah dan lainnya," kata dia.

Meski menargetkan wisman, namun ia memastikan WNI tetap boleh masuk, asalkan mampu membayar harga yang relatif tinggi.

"Siapa saja silakan untuk berwisata, hanya saja diproyeksikan lebih banyak 'middle up'. Kalau orang Indonesia, sepanjang mampu, silakan," kata dia.

Menurut dia, tidak sembarang orang yang mau berlibur di destinasi eksklusif itu, tergantung preferensi masing-masing. Dan umumnya, WNI tidak terlalu suka menghabiskan waktu di lokasi-lokasi itu.

Lokasi wisata eksklusif di Kepri menawarkan lingkungan alami yang hening dan sepi. Dan itu lebih disukai wisman ketimbang wisatawan domestik.

Meski destinasi wisata eksklusif yang hanya bisa dinikmati pelancong berkantong tebal menjamur di Kepri, namun pemerintah tetap memperhatikan wisatawan domestik.

Di Bintan, kata dia, pemerintah menawarkan destinasi Trikora, yang memang dirancang untuk umum.

"Bintan membagi dua, yaitu kawasan terpadu eksklusif Lagoi dan yang terbuka umum Pantai Trikora yang tidak kalah Seksi dengan Lagoi. Kalau tidak 'kuat' di Lagoi, Trikora juga banyak resor. Diversikasi harganya beragam," kata dia. (Jannatun Naim)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.