Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surga Belanja Itu Bernama Dongdaemun

Kompas.com - 17/11/2015, 09:03 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


SEOUL, Kompas.com - Bagi Anda yang gemar belanja atau suka hunting barang-barang di ajang "midnight sale", sepertinya Korea Selatan (Korsel) bisa jadi alternatif destinasi wisata yang ideal.

Adalah Dongdaemun Market, merupakan salah satu distrik utama pariwisata di Seoul, Korea Selatan. Sesuai namanya, area ini merupakan pusat perbelanjaan. Tempat para turis asing bisa menghabiskan won (mata uang Korsel) mereka di beberapa mal besar atau sekedar jajanan kaki lima di sepanjang trotoar.

Dari beberapa mal besar yang ada di lokasi ini, salah satu yang membuat saya terkesima, adalah Doota. Bangunan terdiri dari delapan lantai, di tambah dua basement, menyediakan berbagai kebutuhan konsumen.

Anda bisa menemukan berbagai produk menarik, setiap lantai dibedakan jenis barangnya, tetapi mayoritas yang ditawarkan adalah fashion. Mal ini juga tempat berkumpulnya butik-butik desainer muda Korea, di lantai satu dan dua. Gaya busana K-Pop yang lagi "ngehits" bisa dengan mudah diperoleh di tempat ini.

Amal Abdurachman Mal menawarkan berbagai produk fashion dan ragam aksesori pendukungnya.

Soal harga, cukup bervariatif, bisa dikategorikan tidak murah, tetapi kompetitif. Namun, layaknya mal, harga yang ditawarkan di sini sudah fixed, alias tidak bisa ditawar lagi. Kalau berbelanja banyak, biasanya para toko memberikan hadiah tambahan yang menarik.

Mal ini konsepnya seperti one stop shopping, semua kebutuhan tersedia. Tetapi, jangan harap bisa berjumpa dengan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang biasa ada di supermarket, karena boleh dibilang Doota lebih fokus pada fashion, aksesori, dan pendukungnya, termasuk kosmetik.

Bukan ragam jenis produk, merek, atau barang yang membuat saya terkesima ketika datang ke mal ini. Tapi, jam operasional yang cukup mengagetkan. Dotta Mall buka setiap hari, mulai pukul 10.00 pagi sampai 05.00 pagi.

Artinya, kalau "midnight sale" di mal Jakarta paling bertahan sampai pukul 02.00 dini hari, di sini istilah "shop till you drop" sepertinya berlaku sepenuhnya. Anda bisa belanja sampai Subuh!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com