Kompas.com - 17/11/2015, 16:55 WIB
Hasil kerajinan suku dayak yang memiliki daya jual tinggi di Kalimantan Barat KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARIHasil kerajinan suku dayak yang memiliki daya jual tinggi di Kalimantan Barat
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah digelar di Bali pada tahun 2014, tahun ini pameran Pariwisata Borneo Extravaganza 2015 di Bandung Indah Plaza, Kota Bandung, Jawa Barat pada 27-29 November 2015. Namun, mengapa tahun ini acara tersebut diselenggarakan di Bandung?

"Kita melihat penerbangan sudah ada dari Bandung ke Kalimantan dan sebaliknya," kata Ketua Penyelenggara Borneo Extravaganza 2015, Samsul Bahri dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Lantai 17, Jakarta, Senin (16/11/2015).

Dengan alasan akses penerbangan dari Bandung ke Kalimantan dan sebaliknya, Samsul menjelaskan target untuk mendatangkan wisatawan nusantara asal Bandung dapat tercapai. Target tersebut, menurut dia berdasarkan kebijakan dari dinas-dinas pariwisata dari setiap provinsi di Kalimantan.

"Dari dinas pariwisata, kita ingin ambil wisatawan nusantara dari Bandung," ungkapnya.

Alasan target tersebut diapreasiasi oleh Assisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Raseno Arya.

"Kalimantan sudah benar mencari target jadi promosi wisata di luar (Kalimantan)," jelasnya

Anggaran pelaksanaan pameran pariwisata juga menjadi alasan penyelenggaraan Borneo Extravaganza 2015 di Bandung.

Borneo Extravaganza 2015 akan memamerkan potensi pariwisata dari lima provinsi se-Kalimantan. Selain itu, juga akan hadir paket-paket wisata Kalimantan yang ditawarkan oleh delapan Biro Perjalanan Wisata (BPW).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Borneo Extravaganza pernah dilakukan di Jakarta pada tahun 2004, 2006 dan 2012 serta di Bali pada tahun 2008 dan 2010. Adapun atraksi budaya yang akan hadir di Borneo Extravaganza 2015 adalah atraksi budaya Dayak, Tionghoa, dan Kalimantan.

Kepala Penyelenggara Borneo Extravaganza 2015, Samsul Bahri mengatakan jika acara ini pengunjung tidak akan dipungut biaya untuk menikmati suguhan pameran pariwisata dari Kalimantan ini.

Pertunjukkan seni budaya di ajang pameran pariwisata yang "menjual" Kalimantan tersebut akan berlangsung di panggung setiap hari selama pameran mulai pukul 12.00-14.00 WIB dan pukul 19.00-21.00 WIB.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X