Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis India Terkendala Akses Penerbangan

Kompas.com - 20/11/2015, 08:37 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com – Tidak adanya penerbangan langsung menjadi kendala kunjungan turis India ke Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Public Relation & Marketing Manager Visit Indonesia Tourism Office India, Chandrani Chakrabortu.

“Indonesia tidak punya direct flight (dari India ke Indonesia). Itu kendala terbesar Indonesia,” kata Chandrani kepada KompasTravel di sela-sela acara "Familiarization Trip Media India 2015" di Bintang Flores Hotel, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/11/2015) malam. 

Ia menyebutkan turis India yang ingin berkunjung ke Indonesia harus transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur. Akibatnya turis India perlu menempuh penerbangan dalam waktu yang lama menuju Indonesia.

“Kalau transit ke Malaysia dulu, harus menunggu berapa lama,” tambahnya.

Ia membandingkan dengan negara-negara tetangga Indonesia di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand. “Mereka sudah ada penerbangan langsung. Langkah tersebut dilakukan untuk promosi pariwisata negara tersebut,” ungkapnya. 

Chandrani berharap pemerintah Indonesia dapat menyediakan penerbangan langsung dari India ke Indonesia sebanyak tiga kali dalam seminggu atau minimal satu kali dalam seminggu. Dengan begitu, lanjut dia, kunjungan turis India dapat meningkat.

"Misalnya maskapai Garuda Indonesia bisa sediakan penerbangan," ungkapnya.

Menurut data dari BPS, wisatawan mancanegara asal India yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2014 berjumlah 223.607 orang. Angka ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yaitu 201.009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com