Kunjungan Turis India Terkendala Akses Penerbangan

Kompas.com - 20/11/2015, 08:37 WIB
Wisatawan mengunjungi pantai merah atau populer dengan pink beach di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/12/2010). Pantai berpasir merah muda tersebut salah satu tujuan wisatawan terutama mancanegara untuk menyelam atau snorkling. KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Wisatawan mengunjungi pantai merah atau populer dengan pink beach di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/12/2010). Pantai berpasir merah muda tersebut salah satu tujuan wisatawan terutama mancanegara untuk menyelam atau snorkling.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

LABUAN BAJO, KOMPAS.com – Tidak adanya penerbangan langsung menjadi kendala kunjungan turis India ke Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Public Relation & Marketing Manager Visit Indonesia Tourism Office India, Chandrani Chakrabortu.

“Indonesia tidak punya direct flight (dari India ke Indonesia). Itu kendala terbesar Indonesia,” kata Chandrani kepada KompasTravel di sela-sela acara "Familiarization Trip Media India 2015" di Bintang Flores Hotel, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/11/2015) malam. 

Ia menyebutkan turis India yang ingin berkunjung ke Indonesia harus transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur. Akibatnya turis India perlu menempuh penerbangan dalam waktu yang lama menuju Indonesia.

“Kalau transit ke Malaysia dulu, harus menunggu berapa lama,” tambahnya.

Ia membandingkan dengan negara-negara tetangga Indonesia di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand. “Mereka sudah ada penerbangan langsung. Langkah tersebut dilakukan untuk promosi pariwisata negara tersebut,” ungkapnya. 

Chandrani berharap pemerintah Indonesia dapat menyediakan penerbangan langsung dari India ke Indonesia sebanyak tiga kali dalam seminggu atau minimal satu kali dalam seminggu. Dengan begitu, lanjut dia, kunjungan turis India dapat meningkat.

"Misalnya maskapai Garuda Indonesia bisa sediakan penerbangan," ungkapnya.

Menurut data dari BPS, wisatawan mancanegara asal India yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2014 berjumlah 223.607 orang. Angka ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yaitu 201.009.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X