Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Akui Festival Danau Toba Kurang Promosi

Kompas.com - 20/11/2015, 09:28 WIB

BRASTAGI, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui jika penyelenggaraan Festival Danau Toba 2015 di Kabupaten Karo kurang mendapatkan promosi.

"Setuju banget kalau dibilang promosinya kurang," kata Arief usai membuka Festival Danau Toba 2015 yang dipusatkan di kawasan Pasar Buah Brastagi, Karo, Kamis (19/11/2015).

Meski mengakui promosi yang kurang, tetapi Arief enggan menyebutkan jika penyelenggaraan Festival Danau Toba 2015 terkesan dipaksakan.

Untuk itu, Menpar mengharapkan seluruh elemen masyarakat Sumut dapat mengambil sisi positif dari kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi kepariwisataan di Sumut tersebut.

"Saya tidak akan menjawab lagi pertanyaan 'memaksakan-memaksakan' itu. Ambil yang positifnya, jangan yang negatif, capek kita," katanya.

Menpar juga menolak anggapan jika penyelenggaraan Festival Danau Toba tersebut bentuk dari sikap tidak berempati pada masyarakat Karo yang sedang menghadapi musibah erupsi Gunung Sinabung.

Secara pribadi, kata Menpar, pihaknya berempati dan sangat memahami kondisi masyarakat, serta mengharapkan masyarakat Karo mendapatkan perlindungan, kesehatan, dan ketabahan dalam menghadapi musibah tersebut.

Namun untuk menghadapi masa depan, masyarakat harus "move on". "Untung saja kita laksanakan di sini. Itu sudah bagus," katanya.

Kementerian Pariwisata menetapkan Brastagi, Kabupaten Karo sebagai lokasi penyelenggaraan Festival Danau Toba sesuai usulan Pemprov Sumut.

Pihaknya mengharapkan penyelenggaraan Festival Danau Toba itu menyebabkan adanya penambahan pendapatan daerah yang dapat dimanfaatkan dalam menyejahterakan masyarakat. (Irwan Arfa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com