Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Tempat Belajar Selancar untuk Pemula...

Kompas.com - 22/11/2015, 13:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PRAYA, KOMPAS.com - Wisata minat khusus seperti berselancar di laut memang menantang adrenalin dan membutuhkan keahlian khusus. Namun jika Anda pemula ingin belajar menaiki papan selancar di laut, Pantai Selong Blanak di Nusa Tenggara Barat bisa menjadi tempat yang tepat untuk didatangi.

"Di sini (Pantai Selong Blanak) buat pemula. Gak ada karang-karangnya kalau mau belajar jadi aman," kata seorang instruktur selancar Jack Surf Lane di Pantai Selong, Jack (25) kepada KompasTravel saat ditemui di tepi pantai, Jumat (20/11/2015) lalu.

Untuk ombak yang ada di Pantai Selong Blanak, menurut laki-laki kelahiran Selong Blanak ini juga relatif tak tinggi yakni sekitar tak lebih dari satu meter. Para wisatawan pemula yang belajar selancar, lanjut Jack akan aman belajar di Pantai Selong Blanak.

"Jika ada wisatawan yang belajar selancar pasti akan dibawa ke Selong Blanak. Misalnya dari Senggigi atau Pantai Kuta," tambahnya.

Seorang instruktur selancar di Pantai Kuta, Damar (29) ditemui hari yang sama, mengatakan juga kerap membawa wisatawan yang akan belajar selancar ke Pantai Selong Blanak. Ia mengaku tak berani mengajak wisatawan belajar di Pantai Kuta karena ombak yang besar.

KOMPAS/KHAERUL ANWAR Pantai Selong Blanak di Desa Selong Blanak, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjadi arena peselancar pemula, Minggu (13/10/2013).
"Kalau di Pantai Kuta, ombaknya besar bisa sampai 2 meter. Khusus yang pengalaman kalau di Pantai Kuta," ujar Damar.

Jack yang telah berselancar sejak umur 17 tahun menjelaskan terdapat sekitar 13 tempat yang menyediakan jasa penyewaan papan selancar serta kursus singkat di Pantai Selong Blanak. Untuk biaya yang ditawarkan untuk wisatawan nusantara jika ingin belajar, sekitar Rp 200.000-Rp300.000 per 1,5 - 2 jam.

"Wisatawan asing dari Jerman, Perancis, Swedia juga belajar di sini. Mereka benar-benar gak bisa sama sekali (selancar)," pungkasnya.

Pantai Selong Blanak terletak sekitar 45 kilometer dari Bandara Internasional Lombok. Secara administratif, pantai ini termasuk ke dalam Desa Selong Blanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju ke Pantai Selong Blanak, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau sewa karena tak ada kendaraan umum yang melewati pantai ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com