Kompas.com - 23/11/2015, 15:22 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, musim hujan berarti jalanan macet dan terjebak di dalam ruangan. Padahal, beberapa tempat di Indonesia justru semakin menyenangkan dikunjungi di waktu tersebut, sekaligus jadi destinasi terbaik untuk melarikan diri dari cuaca buruk.

Wego.co.id, situs pencari wisata, mengungkap destinasi-destinasi lokal yang disarankan untuk dikunjungi saat musim hujan.

“Di kota-kota besar, hujan jadi hambatan untuk beraktivitas, tapi di beberapa tempat, musim hujan justru jadi waktu terbaik sepanjang tahun,” ungkap Ruwie Rahardjo, General Manager Wego Indonesia.

“Hujan membawa udara segar dan menghijaukan kembali daerah pedesaan, karena itu, sangat tepat untuk liburan dan beristirahat di bulan-bulan ini.”

Ketika hujan turun di Bali, contohnya, Rahardjo berpendapat bahwa saat itu adalah saat terbaik untuk menikmati Bali dengan cara berbeda.

“Ubud di musim hujan terasa sangat tenteram. Ketenangan yang ditawarkan oleh pusat seni budaya Bali tersebut terasa berkat suhu yang menurun, yang tentunya lebih nyaman dibanding daerah tepi pantai. Hijaunya alam Ubud juga akan jadi latar yang menawan untuk beristirahat, membaca buku, sambil mendengarkan bunyi rintik hujan,” saran Rahardjo.

“Kelebihan lainnya adalah tersedia pilihan akomodasi yang beragam di Ubud, mulai dari resor mewah sampai homestay unik untuk budget traveler.”

Di daerah-daerah tertentu di Indonesia, musim hujan merupakan waktu diving yang ditunggu-tunggu. Posisi unik Ambon yang terletak di antara dua lautan membuat cuacanya dipengaruhi angin musim barat dan musim timur, sehingga menghasilkan pola cuaca yang berbeda dengan Jakarta dan area lain di Indonesia.

“Aktivitas diving umumnya menurun selepas bulan Oktober, namun terdapat beberapa diving spot yang waktu penyelaman terbaiknya justru jatuh di musim hujan,” Rahardjo melanjutkan.

“Di sekitar Ambon, contohnya, di Silale, Laha, Hukurila, dan Pintu Kota, visibility terbaik bisa didapatkan pada bulan November sampai Mei saat tidak ramai pengunjung.”

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.