"Snorkeling" Sepuasnya di Sadranan Hanya Rp 35.000!

Kompas.com - 23/11/2015, 16:14 WIB
Snorkeling di Pantai Sadranan, Yogyakarta. Tribun Jogja/HamimSnorkeling di Pantai Sadranan, Yogyakarta.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Kawasan pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul saat ini menjelma menjadi destinasi wisata favorit di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana berderet belasan pantai berpasir putih.

Masing-masing pantai tersebut menawarkan keindahan dan keunikan masing-masing. Seperti Pantai Sadranan yang berada di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus.

Di sini, pengunjung akan menemukan keunikan yang tidak bisa ditemukan di pantai lain di wilayah Gunungkidul. Ketika pertama kali menjejakan kaki di pantai ini pengunjung akan disuguhi pantai dengan hamparan pasir putih nan indah.

Garis pantai tidak terlalu panjang yang dimiliki Pantai Sadranan dan diapit bukit karang di kanan kirinya.  Tidak hanya menawarkan pemandangan pasir putih dan jernihnya air laut, di pantai ini Anda bisa melakukan rekreasi bahari yang tidak banyak dilakukan di Yogyakarta, yakni snorkeling.

snorkeling
Snorkeling di Sadranan. (Tribun Jogja/Hamim)

Di Sadranan kegiatan snorkleing tidak perlu dilakukan di laut lepas, tetapi cukup di dekat bibir pantai. Di pantai ini juga tersedia penyewaan alat snorkling, sehingga Anda tak perlu repot-repot membawa peralatan dari rumah.

Jarwo, satu di antara pengelola pantai Sadranan menyatakan kegiatan snorkeling mulai dilakukan sejak tahun 2014.

"Awalnya adalah anggota SAR Wonosari yang mencoba snorkeling di sini dan mengatakan bahwa Sadaranan bisa menjadi spot snorkeling yang menarik," ujar Jarwo.

Terdapat beberapa lokasi snorkeling yang menjadi spot favorit, di antaranya spot Watu pecah dan Kali Senggoro. Di dua spot ini pengunjung akan di suguhi dengan pemandangan biota laut yang asih alami.

Terumbu karang yang memesona dan spesies ikan yang cantik, seperti ikan Kepe-Kepe, Areng-Areng, Morish Idol, Botana Kuning (Yellow Tang), Botana Achilles, Ikan Lepu (Scorpion Fish).

sadranan
Hamparan pasir putih di Pantai Sadranan. (Tribun Jogja/Hamim)

Dijelaskan Jarwo Snorkeling lebih baik kalau dilakukan pada saat air laut mulai surut, yaitu pada saat pagi hari, tengah hari atau sore hari menjelang sunset.

Di waktu tersebut keadaan air lebih tenang dan tidak keruh karena aktivitas ombak. Saat air surut itu pula ikan lebih mudah ditemukan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X