Kompas.com - 24/11/2015, 14:37 WIB
EditorI Made Asdhiana
WONOSOBO, KOMPAS.com - Penjabat Bupati Wonosobo, Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, mengatakan Kecamatan Kejajar diminta lebih proaktif menata Dataran Tinggi Dieng.

Satriyo di Wonosobo, Senin (23/11/2015), mengatakan penataan sektor pariwisata selain menjadi kewenangan Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, selayaknya juga dipikirkan oleh pihak kecamatan.

"Bagaimanapun juga, Dataran Tinggi Dieng sebagai destinasi wisata utama kelas nasional seharusnya mempunyai standar baku, termasuk mengenai tarif masuk obyek wisata maupun penginapannya," katanya saat mengunjungi Kecamatan Kejajar.

Satriyo menyampaikan hal tersebut karena ada keluhan beberapa pengunjung obyek wisata di Dieng yang merasa tidak puas setelah berkunjung dan memesan penginapan.

Satriyo mencontohkan ada wisatawan yang memesan penginapan di salah satu homestay dengan harga yang disepakati Rp 300.000. Namun setelah di lokasi tarif tersebut berubah menjadi Rp 500.000.

BARRY KUSUMA Bukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah.
Menurut dia, hal itu tidak positif bagi pengembangan pariwisata Dieng ke depan. Semua pihak perlu duduk bersama agar di masa mendatang hal-hal kurang positif tersebut tidak terjadi lagi.

"Kedatangan saya ke Kecamatan Kejajar dan Kecamatan Garung adalah demi melakukan pemetaan permasalahan yang ada di wilayah, agar nantinya bisa kami sinkronkan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten," kata Satriyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.