Kompas.com - 25/11/2015, 14:04 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah-tengah dampak yang melanda beberapa negara karena teror Paris, Korea terpilih menjadi negara paling aman di dunia dan mendapatkan perhatian dunia.

Demikian siaran pers Korea Tourism Organization Jakarta Office kepada KompasTravel, Rabu (25/11/2015).

Pelarangan kepemilikan senjata api dan sistem keamanan yang baik memang faktor menentukan.

Namun faktor penentu terpenting yang membuat negara ini masuk dalam peringkat adalah tidak pernah diserang langsung oleh kelompok teror.

Menurut “Survei Tindakan Kejahatan dan Tingkat Keamanan Dunia 2015” yang diselenggarakan tanggal 17 November 2015 oleh Numbeo (www.numbeo.com), di antara total 120 negara sasaran, tingkat keamanan Korea memiliki nilai paling tinggi yaitu 83,10.

Tahun lalu Korea berada di peringkat 9 dengan nilai 79,68. Namun, dalam waktu hanya satu tahun Korea mampu melompati 8 peringkat.

Numbeo memang bukan lembaga perhitungan resmi, tetapi peringkat ditentukan oleh pengadaan penelitian terhadap negara dan survei kepada mereka yang mengunjungi situs tersebut di seluruh dunia.

Di peringkat kedua Singapura dengan nilai 82,92. Berikutnya Qatar (80), Jepang (79,16), Taiwan (78,78), Hongkong (78,14), Georgia (77,25), Uni Emirat Arab (76,69), Denmark (74,97), dan Malta (74,45). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.