Kompas.com - 27/11/2015, 13:51 WIB
EditorI Made Asdhiana
MEDAN, KOMPAS.com - Wisata alam air terjun Sipiso-piso di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinisi Sumatera Utara ramai dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) karena memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan.

"Wisatawan mancanegara (wisman) dan domestik sangat terkagum-kagum ketika melihat keindahan alam di daerah tersebut," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut, Muchlis di Medan, Kamis (26/11/2015).

Menurut dia, bagi wisman mau pun pengunjung dari daerah lain yang pernah datang ke tempat tersebut, sulit rasanya untuk melupakan air terjun Sipiso-piso yang memiliki daya tarik tersendiri.

"Hal ini merupakan kelebihan yang dimiliki air terjun Sipiso-piso yang berada di wilayah Sumut dan harus tetap dijaga kelestariannnya sepanjang masa," ujar Muchlis.

Ia menyebutkan, air terjun tersebut berada di pebukitan dengan ketinggian sekitar 800 meter diatas permukaan laut dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Selain itu, air terjun Sipiso-piso juga memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Bahkan, air terjun itu menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

"Sampai saat ini, wisatawan dari Jerman, Belanda, Perancis, Australia, Malaysia, Singapura, dan negara lainnya masih ramai datang ke air terjun Sipiso-piso," katanya.

Muchlis menyebutkan, kehadiran obyek wisata tersebut di wilayah pantai barat Sumatera, tidak hanya mendatangkan pendapatan bagi Pemkab Karo, tetapi sekaligus mampu mengangkat reputasi daerah itu di berbagai negara di dunia.

Masyarakat di Sumut diharapkan dapat menghormati para wisatawan yang berkunjung ke daerah itu, dengan memperlihatkan etika yang baik, ramah, dan tetap menjaga keamanan, serta ketertiban.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.