9 "Spot Diving" Lembata Tersaji dalam Buku "Lembata Underwater"

Kompas.com - 03/12/2015, 16:08 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Dokumentasi sembilan titik penyelaman bawah laut dan biota laut serta budaya masyarakat Lembata, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kini tersaji dalam bentuk buku. Buku tersebut dirilis oleh Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur dan berjudul Lembata Underwater.

"Buku ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan potensi pariwisata bawah laut bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," kata Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur dalam sambutan acara Peluncuran Buku Lembata Underwater di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Sembilan titik penyelaman di sekitar Pulau Lembata yang didokumentasikan adalah Flat Boleng, Ice Factory, Pertamina Pier, Skeleworld, Lewoleba Jetty, China Town, Meeting Table, Barrier Reef, dan Crack of Kumba.

Sementara biota bawah laut yang dapat dilihat di dalam buku tersebut Cockatoo Waspfish (Ablabys taenianotus), Sea Pen (Pennatula SP), Seahorse (Hippocampus), Mandarin Fish (Sybchiropus Splendidus), Painted Frogfish (Antennarius Pictus), False Clown Anemonefish (Amphiprion ocellaris), Moon Snail (Naticidae), Magnificent Shrimp (Ancylomones macnificus), Cuttlefish (Sepia Sp.), dan berbagai biota lain.

Untuk dokumentasi budaya dan alam yang dapat dilihat di buku Lembata Underwater seperti Bukit Doa, Batu Tara, rumah adat Lembata, dan obyek-obyek wisata lain di Lembata.

Sementara itu, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Benny Alexander Litelnoni mengatakan buku Lembata Underwater adalah bagian penting dalam promosi pariwisata nusantara.

"NTT punya 1.192 pulau dan yang memiliki nama hanya 432 pulau. Lembata adalah salah satu bagian dari pulau tersebut," jelas dia.

Assisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Tazbir menambahkan jika buku Lembata Underwater merupakan hasil lomba fotografi internasional di Festival Bahari Nuhanera yang telah dibukukan.

Lembata adalah salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang terletak di antara Pulau Flores bagian timur dan Pulau Alor. Lembata dikenal memiliki padang lamun (sejenis rumput laut) yang merupakan habitat dugong. Perairan sekitar Lembata juga merupakan jalur lintasan migrasi berbagai jenis paus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.