Wisata Cidomo di Pulau Gili Trawangan

Kompas.com - 05/12/2015, 09:38 WIB
Cidomo di Gili Trawangan, NTB. KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Cidomo di Gili Trawangan, NTB.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
LOMBOK, KOMPAS.com - Pulau Gili Trawangan terletak di gugusan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Meno yang masih menonjolkan wisata dengan kendaraan tradisional yaitu Cidomo.

Cidomo adalah kendaraan tradisional seperti dokar yang menjadi kendaraan khas di wilayah Lombok dan menjadi ikon yang hingga kini tetap dilestarikan. Fahmi, salah satu karyawan pengelola operasional Cidomo Janur Indah, Gili Trawangan, Lombok menyampaikan bahwa Cidomo yang dioperasionalkan berjumlah 32 buah.

"Setiap harinya, satu Cidomo bisa berpenghasilan minimal lima ratus ribu rupiah. Kalau ramai ya lebih dari itu," kata Fahmi, di Gili Trawangan, Lombok.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Cidomo di Pulau Gili Trawangan.
Menurut Fahmi, satu Cidomo bisa dinaiki oleh empat orang penumpang. Untuk tarif tergantung jauh maupun dekat. Jika melayani rombongan, satu Cidomo siap antar empat penumpang bertarif Rp 50.000 hingga Rp 100.000, tergantung jauh dan dekat jaraknya.

Sementara salah satu kusir Cidomo bernama Sahdy mengaku mampu menghasilkan Rp 1 juta setiap hari pada masa padat pengunjung. 

"Ya lumayan setiap harinya ada saja tamu yang datang. Cidomo ini kan banyak disukai tamu asing. Kalau ramai tamu, bisa dapat Rp 1 juta, itu setiap hari loh," kata Fahmi.

Menurut Fahmi, Cidomo menjadi andalan transportasi di Gili Trawangan. Wisatawan yang tiba di pelabuhan, langsung ditawari Cidomo untuk mengantar ke tempat tujuan wisatawan. Tidak hanya wisatawan nusantara saja, wisatawan asing cukup banyak yang berkunjung, karena ingin menikmati wisata bahari yang indah di perairan Gili Trawangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X