Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Cidomo di Pulau Gili Trawangan

Kompas.com - 05/12/2015, 09:38 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

LOMBOK, KOMPAS.com - Pulau Gili Trawangan terletak di gugusan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Meno yang masih menonjolkan wisata dengan kendaraan tradisional yaitu Cidomo.

Cidomo adalah kendaraan tradisional seperti dokar yang menjadi kendaraan khas di wilayah Lombok dan menjadi ikon yang hingga kini tetap dilestarikan. Fahmi, salah satu karyawan pengelola operasional Cidomo Janur Indah, Gili Trawangan, Lombok menyampaikan bahwa Cidomo yang dioperasionalkan berjumlah 32 buah.

"Setiap harinya, satu Cidomo bisa berpenghasilan minimal lima ratus ribu rupiah. Kalau ramai ya lebih dari itu," kata Fahmi, di Gili Trawangan, Lombok.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Cidomo di Pulau Gili Trawangan.
Menurut Fahmi, satu Cidomo bisa dinaiki oleh empat orang penumpang. Untuk tarif tergantung jauh maupun dekat. Jika melayani rombongan, satu Cidomo siap antar empat penumpang bertarif Rp 50.000 hingga Rp 100.000, tergantung jauh dan dekat jaraknya.

Sementara salah satu kusir Cidomo bernama Sahdy mengaku mampu menghasilkan Rp 1 juta setiap hari pada masa padat pengunjung. 

"Ya lumayan setiap harinya ada saja tamu yang datang. Cidomo ini kan banyak disukai tamu asing. Kalau ramai tamu, bisa dapat Rp 1 juta, itu setiap hari loh," kata Fahmi.

Menurut Fahmi, Cidomo menjadi andalan transportasi di Gili Trawangan. Wisatawan yang tiba di pelabuhan, langsung ditawari Cidomo untuk mengantar ke tempat tujuan wisatawan. Tidak hanya wisatawan nusantara saja, wisatawan asing cukup banyak yang berkunjung, karena ingin menikmati wisata bahari yang indah di perairan Gili Trawangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com