Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Wisata ke Luar Negeri Bersama Anak ala Joe Taslim

Kompas.com - 07/12/2015, 14:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Berwisata bersama anak dapat terasa menyenangkan jika para orang tua mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan. Dengan begitu, perjalanan wisata akan dapat terkenang dan selalu ingin dilakukan kembali.

Salah satu bintang film "The Raid", Joe Taslim, pada Desember tahun 2014 lalu pernah membawa tiga anaknya berwisata ke Selandia Baru. Berikut tips wisata bersama anak yang ia bagikan kepada KompasTravel usai acara Pameran Foto & Talk Show Tourism New Zealand “Xtraordinary Xpo in Xchange” di sebuah mal di Bintaro, Tangerang, Banten, Minggu (6/12/2015).

Sesuaikan umur dan jenis wisata

Saat berwisata, umur anak jadi bagian penting untuk menentukan destinasi wisata. Anak usia balita tentunya tak mungkin diajak untuk berwisata dengan jenis yang terlalu berbahaya seperti bungee jumping.

"Jadi supaya nggak rewel juga," kata Joe.

Tentukan lama perjalanan wisata

Berwisata dengan keluarga tak hanya memikirkan keinginan pribadi. Namun kepentingan anak-anak juga harus bisa diakomodir.

Tentukan lama perjalanan wisata dengan bertanya terlebih dahulu pada si kecil. Misalnya perjalanan wisata satu minggu dengan mengunjungi obyek-obyek wisata ramah yang ramah anak.

Makanan dan minuman

Jika berwisata ke suatu destinasi wisata bersama anak-anak, makanan dan minuman adalah satu hal yang juga harus diperhatikan. Jika tak terbiasa makan menu-menu yang ada di tujuan wisata, Joe menganjurkan untuk mencari restoran-restoran Asia.

Ia beralasan jika restoran-restoran Asia kemungkinan menyediakan menu-menu makanan seperti nasi goreng dan menu lainnya.

Hiburan saat di pesawat

Saat ingin menuju tempat wisata, salah satu moda transportasi yang digunakan adalah pesawat terbang. Nah, Joe mengatakan jika melakukan penerbangan jauh, cobalah untuk memanfaatkan fasilitas hiburan yang ada di pesawat seperti menonton film atau mendengarkan musik agar tak merasa bosan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com