Kompas.com - 08/12/2015, 19:21 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sebanyak empat desa di Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (8/12/2015), ditetapkan sebagai desa meuselinya (desa paling tertib dari aspek adat, kesenian dan budaya).

Keempat desa itu yakni Desa Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti; Lhok Mon Puteh, Kecamatan Muara Dua; Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu; dan Seunuebok, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Keempat desa ini pula menjadi tempat percontohan untuk kunjungan wisatawan.

Wali Kota Lhokseumawe, Suadi Yahya menyebutkan pihaknya menargetkan keempat desa itu mencerminkan tradisi, adat-istiadat, budaya, dan syariat Islam.

“Pada akhirnya, wisatawan akan tertarik dan mengunjungi ke empat desa itu,” kata Suadi.

KOMPAS.COM/MASRIADI Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya menyampaikan penetapan desa meuseulinya di Kantor Wali Kota Lhokseumawe, Selasa (8/12/2015)
Menurut Suadi, tahun depan, seluruh dinas akan membantu kelengkapan sarana dan prasarana di empat desa tersebut.

Misalnya, sambung Suadi, Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan Lhokseumawe akan membantu penguatan kesenian, budaya dan adat istiadat serta promosi wisata ke mancanegara.

“Dinas Pekerjaan Umum Lhokseumawe bisa membantu pengerjaan jalan di desa itu. Ini untuk mempromosikan kearifan lokal Lhokseumawe ke pihak luar. Ke depan, tentu semakin banyak desa yang kita tetapkan sebagai desa meuseulinya,” pungkas Suaidi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.