Kompas.com - 09/12/2015, 14:33 WIB
Wisatawan di  Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/4/2014). KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAWisatawan di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/4/2014).
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Delegasi pengusaha dan jaringan travel dan hotel Polandia mengharapkan perbaikan infrastruktur di daerah wisata khususnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Menurut siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (8/12/2015), aspirasi para pengusaha dan jaringan travel dan hotel di Polandia tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Senin (7/12/2015).

Rizal Ramli didampingi Duta Besar Indonesia untuk Polandia Pieter Gontha dan Dubes Indonesia untuk Singapura Ngurah S.

Delegasi Polandia juga mengharapkan penerbangan langsung Jakarta-Warsawa mengingat banyak peminat wisata, termasuk pengusaha, dari Eropa Timur ke Indonesia.

"Usulan dan masukan pihak Polandia akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat dengan pihak terkait seperti dengan Garuda Indonesia mengenai penerbangan langsung dan perbaikan infrastruktur dengan pemerintah daerah setempat," kata Rizal Ramli.

Ia juga mengatakan pemerintah Indonesia memiliki program peningkatan wisatawan mancanegara dengan target 20 juta orang pada 2019 mendatang.

KOMPAS/MADINA NUSRAT Wisatawan asing menikmati matahari terbenam dengan berpesiar ke sejumlah area perairan di Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (7/10/2015). Fasilitas pesiar sunset cruise ini disediakan di Pulau Putri, salah satu pulau resor di Kepulauan Seribu.
Menurut Rizal Ramli, sejumlah upaya dilakukan di antaranya menerapkan kebijakan bebas visa masuk Indonesia dengan menambah 47 negara yang mendapatkan fasilitas tersebut. Pemerintah Indonesia juga telah mempermudah izin masuk kapal pesiar dan yacht ke Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga telah menetapkan 10 destinasi utama di Indonesia yang sebagian besar merupakan wisata bahari yang digemari turis Eropa.

Ke 10 destinasi wisata utama itu yakni Danau Toba (Sumatera Utara), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Bromo (Jawa Timur), Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Morotai (Maluku), Yogyakarta, Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Belitung (Bangka Belitung), dan Tanjung Lesung (Banten).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.