Kompas.com - 10/12/2015, 17:57 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
TERNATE, KOMPAS.com - Sebanyak 100 lebih wisatawan mancanegara (wisman) diperkirakan akan menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara.

Peristiwa langka itu diprediksi akan melintasi beberapa daerah di Indonesia, salah satunya Kabupaten Halmahera Timur, tepatnya Kota Maba dan Pulau Plun.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Halmahera Timur, Stephanus Tongoton mengatakan, saat ini sudah 100 wisman dipastikan akan ke Halmahera Timur.

“Data riilnya saya belum tahu, tapi informasinya sudah ada sekitar 100 lebih wisatawan dari tiga negara,” kata Stephanus, Kamis (10/12/2015).

Mereka terdiri dari wisatawan asal Belanda 40 orang, Inggris 40 orang serta Perancis 30 orang. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah mendekati Maret nanti.

“Di Maluku Utara memang ada beberapa daerah di Halmahera yang akan dilalui GMT tapi di Halmahera Timur paling baik karena memang berada paling timur,” kata Stephanus.

Di Halmahera Timur diperkirakan GMT akan berlangsung sekitar 1 menit 36 detik. Dia berharap kepada masyarakat Halmahera Timur agar bisa menerima tamu yang datang karena ini merupakan peluang bagi daerah, serta para pemilik hotel dan restoran.

“Saya imbau kepada masyarakat jagalah keramahan karena ini kesempatan untuk mengangkat citra daerah khususnya wisata di Halmahera Timur di mata internasional,” tambah Stephanus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.