Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali Liburan Bersama Si Kecil? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 19/12/2015, 18:11 WIB

KOMPAS.com - Natal dan Tahun Baru hanya tinggal menghitung hari. Tentu beberapa dari kita telah merencanakan liburan bersama keluarga tercinta.

Jika hendak membawa sang buah hati tampaknya perlu memperhatikan berbagai hal penting. Tujuannya tidak lain adalah demi keamanan dan kenyaman anak saat berlibur.

Berikut ini adalah tips pergi berlibur bersama si kecil, terutama jika ini adalah perjalanan pertama berwisata bersama anak.

1. Rencanakanlah lama perjalanan yang lebih lambat dari biasanya. Jika kita ingin mengunjungi lebih dari satu tempat, perlu memperhatikan pakaian yang melindungi tubuhnya. Jangan sampai sang buah hati merasa kepanasan atau kedinginan.

2. Berdiskusilah dengan orang atau keluarga lain yang akan pergi bersama kita. Diskusikan apa saja yang ingin dilakukan setiap orang. Bagi tugas atau bergiliran untuk mengurus anak-anak.

3. Katakanlah pada orang lain bila anak kita memiliki kebutuhan khusus, alergi, maupun ada kondisi medis tertentu. Jika ada orang tua lain dengan kondisi anak yang sama, mungkin kita bisa memperoleh saran yang bermanfaat.

Selain itu, cobalah gunakan gelang identitas yang mencantumkan kondisi medis anak. Seperti rincian pengobatan atau nama serta nomor dokter sang buah hati.

4. Untuk hotel, coba tanyakan paket promo untuk keluarga, seperti potongan harga dan makanan gratis bagi anak-anak. Beberapa hotel kini menawarkan fasilitas ini. Dengan menggunakan promo semacam ini, dapat menghemat anggaran liburan.

5. Mintalah saran ke dokter anak bila hendak pergi jauh, misalnya ke luar negeri. Bila anak memiliki masalah dengan kondisi medisnya, mintalah bantuan untuk mendapatkan dokter lain di tempat tujuan.

6. Sebelum memulai liburan bersama buah hati, ceritakan kepada anak mengenai lokasi wisata yang akan dituju. Perlihatkan peta, ceritakan sejarah, kondisi geografi, hewan dan tanaman dari tempat wisata yang akan dikunjungi.  Selain itu ada baiknya membacakan buku atau menonton film yang berhubungan dengan tempat tersebut. (Theguardian.com)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com