Begini Cara Membedakan Daging Wagyu Asli dan Olahan

Kompas.com - 20/12/2015, 12:09 WIB
Sate wagyu bumbu komoh probolinggo Tribun Jogja/Hamim ThohariSate wagyu bumbu komoh probolinggo
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com — Menyantap steak dengan daging wagyu menjadi pilihan yang lezat. Namun, bagaimanakah cara membedakan daging wagyu dengan daging sapi olahan?

Sous Chef Abuba Steak Cabang Cipete, Agus Triono, memberikan tips kepada KompasTravel tentangcara membedakan daging wagyu dan daging sapi olahan. Berikut tips mengetahui daging wagyu saat menyantap kuliner ini.

Rasa daging

Sapi wagyu saat diternakan diberi pakan biji-bijian, seperti gandum dan juga jagung. Ketika steak wagyu disantap, rasanya tak seperti daging sapi yang diberi pakan rumput. Rasa gurih lebih terasa di mulut. Jika itu adalah daging olahan, rasa gurih tak akan terasa.

Marbling

Marbling adalah lemak yang terdapat di antara serabut otot (intramuscular). Daging wagyu yang berkualitas baik dan bukan olahan akan terasa empuk. Daging wagyu dengan kualitas baik memiliki marbling dengan letak terpencar dan rapat.

Saat dipotong

Ketika daging wagyu dipotong di bagian marbling, serat warna putih tidak mudah patah. Marbling akan terlihat tak mudah putus ketika dipotong.

Tekstur

Daging sapi olahan dan wagyu tak terlalu berbeda secara tekstur. Namun, daging wagyu memiliki tekstur yang lebih tipis dibanding daging olahan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X