Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membedakan Daging Wagyu Asli dan Olahan

Kompas.com - 20/12/2015, 12:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyantap steak dengan daging wagyu menjadi pilihan yang lezat. Namun, bagaimanakah cara membedakan daging wagyu dengan daging sapi olahan?

Sous Chef Abuba Steak Cabang Cipete, Agus Triono, memberikan tips kepada KompasTravel tentangcara membedakan daging wagyu dan daging sapi olahan. Berikut tips mengetahui daging wagyu saat menyantap kuliner ini.

Rasa daging

Sapi wagyu saat diternakan diberi pakan biji-bijian, seperti gandum dan juga jagung. Ketika steak wagyu disantap, rasanya tak seperti daging sapi yang diberi pakan rumput. Rasa gurih lebih terasa di mulut. Jika itu adalah daging olahan, rasa gurih tak akan terasa.

Marbling

Marbling adalah lemak yang terdapat di antara serabut otot (intramuscular). Daging wagyu yang berkualitas baik dan bukan olahan akan terasa empuk. Daging wagyu dengan kualitas baik memiliki marbling dengan letak terpencar dan rapat.

Saat dipotong

Ketika daging wagyu dipotong di bagian marbling, serat warna putih tidak mudah patah. Marbling akan terlihat tak mudah putus ketika dipotong.

Tekstur

Daging sapi olahan dan wagyu tak terlalu berbeda secara tekstur. Namun, daging wagyu memiliki tekstur yang lebih tipis dibanding daging olahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com