Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Tas, Jurus Pertama Sukses Liburan

Kompas.com - 24/12/2015, 18:05 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

KOMPAS.com – Persiapan segala sesuatu untuk berlibur perlu dicermati, termasuk soal pilihan tas. Pemilihan tas yang tepat adalah faktor kunci pertama bagi sukses liburan Anda.

Wadah untuk menaruh semua perlengkapan ini, harus sesuai dengan destinasi dan kebutuhan selama berlibur. Bila Anda belum punya tas yang tepat, hampir semua pusat perbelanjaan menyediakan produk ini.

Namun, bila Anda tak punya banyak waktu untuk menjelajahi pusat perbelanjaan atau toko tas, jangan khawatir juga. Sekarang situs belanja online sudah bertebaran dan tas adalah salah satu yang bisa didapatkan di sana.

Bukalapak.com misalnya, menawarkan banyak varian dan merek tas untuk Anda pilih tanpa perlu beranjak. Berikut ini beberapa jenis tas pilihan untuk travelling beserta rekomendasi dan kelebihannya:

Koper

Sejatinya tas koper cocok untuk menemani Anda dalam perjalanan jauh. Namun, koper lebih cocok bila tujuan perjalanan Anda tidak berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Kelebihan tas ini adalah mudah menata isinya. Barang bawaan pun bisa rapi. Koper adalah tas yang cocok digunakan untuk liburan keluarga.

Koper juga punya beragam jenis dan model. Kini, kebanyakan koper juga sudah dilengkapi roda agar bisa didorong dan meringankan saat dibawa.

Tas ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang berencana menjelajahi alam. Meski sudah beroda, tetap akan merepotkan bila harus menjinjing koper ke sana kemari, apalagi di alam bebas.

Carrier

Berwujud seperti ransel tetapi berukuran lebih besar dan berstruktur lebih kokoh, tas jenis ini adalah pilihan tepat untuk berlibur dengan menjelajah alam. Selain mudah dibawa-bawa, tas ini bisa memuat banyak barang untuk keperluan selama perjalanan.

Tak hanya itu, ada beragam variasi ukurannya. Tinggal pilih ukuran tas sesuai kebutuhan. Memilih ukuran tas carrier antara lain bisa mengacu kepada durasi perjalanan.

Kalau ingin melakukan perjalanan ke hutan atau gunung dengan durasi perjalanan selama satu hari, misalnya, cukup pilih carrier berukuran 30 liter atau 40 liter.

Sementara itu, pendakian atau perjalanan lain yang mengharuskan Anda menginap satu atau dua malam, tas berukuran 50 liter hingga 55 liter bisa dijadikan pilihan. Adapun perjalanan dengan durasi lebih panjang, bisa memilih carrier berkapasitas 65 liter hingga 70 liter.

Daypack

Secara kasat mata daypack hampir sama dengan tas carrier, akan tetapi kapasitasnya lebih kecil. Ransel adalah sebutan umum untuk jenis tas ini.

Daypack cocok digunakan untuk perjalanan singkat atau menjadi tas pendamping koper atau carrier. Walaupun ukurannya kecil, tas ini bisa dipakai untuk menyimpan barang berharga seperti kamera dan laptop.

Selain itu, daypack akan berguna bila liburan Anda juga memasukkan agenda jalan-jalan tanpa harus berpindah lokasi menginap. Saat jalan-jalan ini, koper atau carrier bisa ditinggal di tempat menginap atau bermalam, sementara Anda bisa bepergian dengan tas daypack.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com