Kompas.com - 25/12/2015, 07:07 WIB
|
EditorLatief

 

KOMPAS.com – Pernahkah berpikir mengajak buah hati liburan di luar ruang? Mendaki gunung atau snorkeling, misalnya?

Selain memacu adrenalin, aktivitas outdoor bisa menumbuhkan kecintaan anak-anak pada alam. Namun, membawa mereka ke alam bebas tentu tak boleh luput dari persiapan matang. Berikut ini beberapa persiapan perlu Anda lakukan:

Aman dan nyaman

Apapun pilihan liburannya, faktor keamanan dan kenyamanan adalah hal utama. Sebelum berangkat berlibur, carilah info selengkap mungkin mengenai keamanan lokasi.

Semua bentuk petualangan di alam bebas tentu mengandung risiko. Untuk itu, pelajari bermacam kemungkinan yang akan ditemui dan cara menghadapinya.

Pikirkan juga cara mencapai lokasi liburan, tempat menginap, dan seluruh akomodasi lainnya. Pastikan semuanya siap, aman dan menyenangkan untuk si kecil.

Perlengkapan

Membuat daftar perlengkapan sangat penting. Saat musim hujan seperti ini, misalnya, jangan lupa membawa jas hujan untuknya.

Sebagai orangtua ada baiknya Anda juga harus memastikan si kecil tidak kekurangan pakaian selama di lokasi. Carilah pakaian yang tepat dan nyaman dipakai, baik untuk bermain atau tidur. Segala perlengkapannya sepanjang menemani perjalanan juga tak boleh dilupakan.

Dok Nouf Zahrah Anastasia Tentu saja, pembentukan karakter tidak lahir sekonyong-konyong, namun membutuhkan latihan panjang dan dimulai sedini mungkin. Mempercayai bahwa aktivitas mendaki gunung adalah sarana pendidikan karakter yang alami, oleh karena itulah, saya memutuskan untuk memperkenalkan aktivitas mendaki gunung pada anak saya sedini mungkin, yaitu sejak usia 2,5 tahun.
Kemampuan anak

Perhatikan kemampuan anak. Tak perlu terlalu memaksakan anak Anda beraktifitas yang menguras tenaga. Ingat, energi si kecil terbatas dan sangat berbeda dengan Anda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.