Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting! Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Stres di Bandara

Kompas.com - 25/12/2015, 13:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Musim liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu banyak orang. Namun, padatnya kunjungan malah bisa membuat stres dalam perjalanan.

Salah satu tempat yang padat wisatawan adalah bandara. Untuk mengantisipasi arus perjalanan yang begitu padat dan agar perjalanan udara menjadi nyaman dan lancar, ikuti beberapa tips berikut yang disadur dari siaran pers maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia.

Direktur Operasional Citilink Hadinoto Soedigno mengatakan, saat ini merupakan peak season dan terjadi lonjakan penumpang cukup tinggi, apalagi maskapai juga banyak mengoperasikan penerbangan ekstra,

Manfaatkan Layanan Self Check-in

Citilink mengimbau para penumpang untuk memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas layanan check-in yang tersedia mulai dari city check-in, web check-in, mobile check-in, hingga self check-in.

Demi kenyamanan dan kelancaran penerbangan diingingatkan lagi agar penumpang perlu melakukan persiapan sebelum terbang, terlebih menghindari antrean yang panjang di check-in counter.

Berangkat ke Bandara Lebih Awal

“Selain itu, guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas, serta kondisi cuaca di musim hujan, para penumpang disarankan berangkat lebih awal terutama jika berada di kota besar dengan bandara-bandara sibuk seperti di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Padang," kata Hadinoto.

Ikuti Perkembangan Informasi

Penumpang perlu memperhatikan perkembangan informasi yang disampaikan oleh maskapai penerbangan, baik melalui SMS atau email blast.

Ada baiknya penumpang juga bisa menghubungi call center maskapai untuk mendapatkan informasi terbaru. Bisa juga menghubungi Customer Service di bandara setempat.

Barang Bawaan dan Bagasi

Perhatikan barang bawaan dan bagasi Anda. Jangan sampai kelebihan berat bagasi ataupun menyalahi aturan barang bawaan yang bisa dibawa ke kabin pesawat.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui aturan barang bawaan dan bagasi yang diperbolehkan. Hal ini selain memudahkan Anda saat membawa barang yang tidak terlalu berat juga memperlancar proses mengurus bagasi.

Seperti ketentuan barang bawaan di kabin Citilink, setiap satu orang penumpang diperbolehkan membawa barang bawaan dengan berat tidak melebihi tujuh kilogram dan dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm.

Proses Pemeriksaan Keamanan

“Tak kalah penting adalah memastikan keamanan. Saat ini, karena pengamanan di bandara juga semakin diperketat, jangan lupa untuk melepaskan ikat pinggang, jaket, serta pisahkan gadget saat memasuki bandara saat proses pemeriksaan melalui X-Ray di pintu masuk,” ungkap Hadinoto.

Selama musim liburan akhir tahun 2015 Citilink menambah penerbangan menjadi 224 penerbangan per hari dengan total 31.680 kursi ekstra, yang efektif berlaku 18 Desember 2015 sampai dengan 8 Januari 2016.

Khusus untuk penerbangan Jakarta – Medan, Jakarta – Denpasar, serta Jakarta – Padang, Citilink menambah frekuensi penerbangan. Rute Jakarta – Denpasar (PP) menjadi delapan penerbangan pp (ditambah dua penerbangan pp), Jakarta – Medan (PP) menjadi tujuh penerbangan pp (ditambah satu penerbangan pp), dan rute Jakarta – Padang (PP) menjadi tiga penerbangan pp (ditambah satu penerbangan pp).

Loket check-in Citilink di bandara buka dua jam sebelum jadwal waktu pemberangkatan penerbangan dan ditutup tiga puluh menit sebelumnya. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com