Kompas.com - 28/12/2015, 10:40 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Suasana mendung menggelayut di atas Sungai Seine, Kota Paris, Perancis. Waktu belum terlalu sore namun suhu sudah menggigit dingin mencapai tiga derajat celcius. Ratusan orang masih memenuhi Sungai Seine, dan Menara Eiffel yang saling berdekatan itu.

Tak sedikit pasangan mengabadikan pose-pose mesra di dua obyek wisata dunia itu. Tampak pula beberapa pasangan menggelar foto pre-wedding berlatar belakang Eiffel dan juga Sungai Seine. Wajar jika Paris dijuluki kota romantis.

Sungai Seine memiliki panjang 776 kilometer membelah kota Paris menjadi dua bagian, sisi kanan dan sisi kiri. Seine mengalir melalui Paris dan masuk ke Selat Inggris di Le Havre. Ada 37 jembatan di Paris dan puluhan lainnya mencakup sungai di luar kota.

Menelusuri Sungai Seine menggunakan bus air merupakan pilihan tepat sambil menikmati beragam obyek wisata di kota itu. Dengan harga relatif terjangkau berkisar 14 euro untuk dewasa dan 7 euro untuk anak-anak.

KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Menara Eiffel di Paris, Perancis.
Ada banyak sajian makanan dan minuman saat anda ikut dalam tour bus air. Bus kapal akan menyusuri sungai dan terdapat tujuh tempat pemberhentian yakni, Musée d'Orsay, St-Germain-des-Prés, Notre-Dame, Jardin des Plantes, Hotel de Ville, Louvre, Champs-Elysées, lalu kembali ke Menara Eiffel. Semuanya merupakan ikon wisata Paris.

Jika Anda menyusuri Sungai Seine menggunakan bus air, usahakan berakhir di Menara Eiffel pada sore hari, karena suasana akan terasa benar-benar romantis saat pergantian terang ke gelap. Menara Eiffel akan semakin semarak beserta lampu kuning dan kerlap-kerlip laksana bintang.

Anda juga bisa mencoba menyetir mobil-mobil mewah seperti Lamborghini, Ferrari yang tersedia di sekitar Menara Eiffel dengan biaya rental 90 euro untuk beberapa putaran di sekitar kawasan Eiffel.

Angin dari Sungai Seine terasa berembus kencang saat sore tiba, suhu dingin terasa semakin menusuk jaket menembus ke kulit.

KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Gembok cinta di Paris, Perancis.
Berjalan di atas jembatan Sungai Seine akan ditemukan pemandangan aneh yakni ratusan gembok bertuliskan nama pasangan berjejer. Ini merupakan gembok cinta, para pasangan yang berkunjung ke Sungai Seine. Mereka meyakini dengan memasang gembok yang telah ditulisi nama, lalu kunci gembok dibuang ke dasar sungai maka cinta mereka akan abadi.

Tak diketahui secara pasti siapa yang memulai kebiasaan ini. Kondisi ini tentu saja merepotkan otoritas Kota Paris karena keyakinan itu ribuan gembok berjejer menggelayuti sepanjang jembatan dan pagar Sungai Seine.

Akibat banyaknya gembok beberapa pagar sungai roboh karena tak mampu menahan beban dari ribuan gembok beragam ukuran tersebut.

Hingga akhirnya, Pemerintah Kota Paris memutuskan membongkar gembok-gembok tersebut pada pertengahan tahun 2015. Meski telah dilarang namun tetap saja ada beberapa pasangan yang nekat memasang gembok-gembok baru di beberapa sudut jembatan.

KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Gembok cinta di Paris, Perancis yang dipasang pengunjung. Mereka meyakini dengan memasang gembok lalu membuang kunci ke dasar sungai cinta pasangan yang namanya tertulis di gembok akan abadi.
Puas menikmati Seine, dan Menara Eiffel tak ada salahnya membeli cinderamata di sekitar kawasan yang tersedia di kiso-kios terdekat. Ada banyak cinderamata, baik itu miniatur Eiffel, pakaian, dan pernak-pernik lainnya.

Cinderamata dengan harga murah didapat dari penjual yang kebanyakan dijajakan oleh masyarakat kulit hitam. Namun mereka berjualan dengan kewaspadaan tinggi. Pasalnya saat polisi datang, mereka akan melarikan diri karena keberadaaan mereka tak diizinkan pihak keamanan setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.