Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2015, 16:26 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BOGOR, KOMPAS.com - Goa Cikarae bisa menjadi tempat wisata bagi penggemar kegiatan petualangan. Goa ini "tersembunyi" di kawasan karst Klapanunggal.

Berlokasi di salah satu lahan di Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk mengunjungi Goa Cikarae, jika dari Jakarta, moda transportasi yang dapat digunakan adalah Kereta Rel Listrik (KRL).

Gunakan KRL jurusan Cibinong. KRL jurusan Cibinong setiap hari terdapat lima kali keberangkatan dari dua stasiun yakni Stasiun Depok dan Duri.

KRL jurusan Cibinong pertama berangkat dari Stasiun Depok pada pukul 04.25 WIB. Untuk yang kedua hingga kelima berangkat dari Stasiun Duri pada pukul 07.08 WIB, 10.34 WIB, 14.09 WIB, 17.41 WIB, dan yang terakhir pada pukul 17.35 WIB. Untuk titik pemberhentian, turunlah di Stasiun Cibinong.

Langkah selanjutnya, berjalanlah ke arah Jalan Raya Bogor tepat di depan Ramayana dan naik angkutan kota nomor 08 tujuan Pasar Anyar - Citereup. Setelah naik, jangan lupa untuk turun di Pasar Citereup. Untuk biaya angkutan kota, cukup membayar Rp 5.000.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Ornamen yang terlihat di dalam Goa Cikarae yang terletak di Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015).

Dari Pasar Citereup, kendaraan selanjutnya adalah angkutan umum nomor 44 dengan jurusan Citereup - Babakan Padang dengan biaya Rp 5.000. Titik pemberhentian angkutan kota nomor 44 adalah Linggih Alam/Goa Cikarae.

Angkutan selanjutnya adalah ojek untuk tiba di dekat mulut goa. Mintalah arahkan ke Yayasan Wirya Dharma SMP Asy-Syifa atau ke rumah Pak Muslih sebelum diantarkan ke mulut gua. Biaya yang dibutuhkan untuk ojek yakni Rp 10.000.

Hal yang perlu diperhatikan jika ingin naik angkutan kota menuju Goa Cikarae adalah ketersediaan mobil. Angkutan kota nomor 44 hanya tersedia hingga pukul 21.00 WIB dan nomor 08 hingga pukul 00.00. Sementara, untuk ojek tersedia 24 jam.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pancaran sinar headlamp para penelusur Goa Cikarae yang terletak di Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015).

KompasTravel bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) dalam perjalanan telusur Goa Cikarae, 26-27 Desember 2015, menggunakan moda transportasi KRL menuju Stasiun Cibinong dari Stasiun Pondok Cina, Depok dengan jadwal keberangkatan pukul 15.00 WIB. KRL tiba di Stasiun Pondok Cina pada pukul 15.15 WIB.

KRL tiba di Stasiun Cibinong pukul 15.50 WIB. KompasTravel menggunakan pilihan menyewa angkutan kota untuk menuju Goa Cikarae. Biaya yang dibutuhkan adalah Rp 125.000. Jarak yang ditempuh dari Stasiun Cibinong ke Goa Cikarae sekitar 10 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+