Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Destinasi Wisata yang "Ngetren" pada 2015

Kompas.com - 29/12/2015, 12:17 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Kondisi menguatnya mata uang dollar AS terhadap rupiah menjadi "kesempatan" manis bagi pariwisata Indonesia. Wisatawan nusantara jadi lebih memilih untuk melancong di dalam negeri.

Tambahan lagi, semakin menguatnya penggunaan media sosial di kalangan orang Indonesia. Media sosial selama ini memang terbukti ampuh mempromosikan suatu destinasi wisata.

Beragam destinasi wisata anti-mainstream di Indonesia pun bermunculan. Berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang tergolong "baru" dan mulai naik daun pada tahun 2015.

Budi Nur Mukmin Nissan All-New NP300 Navara melewati habitat asli kerbau di savana Gunung Tambora.
1. SUMBAWA

Momentum "Tambora Menyapa Dunia" berhasil membuat pandangan wisatawan Indonesia melirik ke Pulau Sumbawa. Sebuah pulau yang kalah tenar dengan saudaranya, Pulau Lombok. Padahal keduanya sama-sama berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Acara "Tambora Menyapa Dunia" sendiri diselenggarakan dalam rangka peringatan dua abad letusan Gunung Tambora (meletus pada April 1815). Saat acara tersebut berlangsung, Pulau Sumbawa tepatnya di kawasan Gunung Tambora begitu ramai dan meriah.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Tim menuruni dinding kaldera Gunung Tambora di Dompu, Nusa Tenggara Barat, 24 Agustus 2014. Gunung Tambora meletus dahsyat pada 10 April 1815 menyisakan kaldera seluas 7 kilometer dengan kedalaman 1 kilometer.
Gunung tersebut pun ditetapkan sebagai taman nasional. Presiden Jokowi sendiri berharap setelah "Tambora Menyapa Dunia", Festival Tambora dapat berlangsung setiap tahun dalam rangka mempromosikan pariwisata Sumbawa.

Selain Gunung Tambora, Pulau Sumbawa menyimpan potensi wisata yang memukau. Sebut saja Pulau Satonda, Pulau Kenawa, dan Pulau Moyo. Wisata alam dan budaya menjadi andalan Sumbawa.

BARRY KUSUMA Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur.
2. BANYUWANGI

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam lima tahun belakangan serius menggarap sektor pariwisatanya. Banyuwangi yang berada di Provinsi Jawa Timur, selama ini hanya dipandang sebagai daerah perlintasan untuk menyeberang ke Pulau Bali.

Salah satu cara promosinya adalah setiap bulan rutin dilangsungkan festival wisata. Tahun ini, Banyuwangi bagai tengah mulai memanen hasil jerih payah promosi pariwisata selama bertahun-tahun.

BUDIOSING SETIANTO Penari Gandrung Banyuwangi
Beberapa destinasi di Banyuwangi pun menjadi incaran pelancong Indonesia, terutama di kalangan anak muda.

Obyek wisata andalan seperti Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran, kerap menjadi favorit di kalangan trip organizer yang menjual paket wisata dengan harga terjangkau. Selain itu, obyek wisata lainnya adalah Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Teluk Hijau, Pulau Tabuhan, Air Terjun Lider, Pantai Watu Dodol, dan Pantai Plengkung.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (9/8/2015).
3. WAKATOBI

Wakatobi memang sudah dikenal lama di antara pelancong Indonesia. Sayangnya masih terbatas di kalangan para penyelam. Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara tersebut dipandang sebagai surga wisata bahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com