Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2015, 16:16 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BOGOR, KOMPAS.com - Kawasan karst Klapanunggal di Kabupaten Bogor, Jawa Barat punya potensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata. Pasalnya, di kawasan ini banyak terdapat goa yang dipenuhi ornamen-ornamen dan biota goa yang dapat dilihat.

"Untuk potensi wisata di kawasan karst Klapanunggal sebenernya ada banyak contohnya Gua Garunggang sudah dibuka untuk pariwisata," kata seorang penggiat goa di Tajur yang tergabung dalam KPA Linggih Alam, Suhandi Rahayu kepada KompasTravel di Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015).

Laki-laki yang akrab disapa Bandot ini mengatakan jumlah goa di kawasan karst Klapanunggal yang telah terdata dan dipetakan oleh KPA Linggih Alam berjumlah 50 buah dengan dominasi bentuk jalur lintasan berupa vertikal.

Goa Garunggang menurut dia adalah salah satu yang paling siap untuk dikunjungi oleh wisatawan.

"Kalau di Goa Garunggang bagus karena bentukan formasi batuan karstnya di luar. Di sana sudah ada fasilitas seperti MCK dan mushola yang dibangun swadaya opeh penduduk setempat. Kalau yang lain belum ada," jelas dia.

Goa lain yang dapat dikunjungi oleh wisatawan pemula, menurut Suhandi adalah Goa Cikarae. Ia mengatakan jika goa tersebut aman untuk dikunjungi untuk wisatawan pemula.

"Goa Cikarae itu aman buat wisatawan awam. Lorong goanya nggak sempit. Langit goanya tinggi. Jadi nggak sulit ditelusuri," ungkap Bandot.

Selama ia bergiat di kawasan karst Klapanunggal bersama KPA Linggih Alam, ia mengatakan pengunjung goa hanya dari kelompok yang memiliki minat di bidang speologi seperti kelompok pencinta alam dan peneliti.

Berdasarkan catatan KPA Linggih Alam, Bandot menyebutkan pengunjung yang bergiat di kawasan karst Klapanunggal berasal dari Jakarta, Bogor, dan Depok.

"Rata-rata anak pencinta alam," jelasnya.

Pemilik lahan sekaligus juru kunci Goa Cikarae, Muslih juga menyatakan jika goa-goa di Klapanunggal punya daya tarik wisata tersendiri. Bahkan, ia mengatakan Goa Cikarae telah banyak dikunjungi penggiat goa sejak tahun 1980-an.

"Yang paling banyak dimasuki orang itu Goa Cidomba, Cikarae, Cikenceng, dan Keraton. Kalau mau dikembangkan jadi kawasan wisata saya tidak masalah," jelas Muslih.

Kawasan karst Klapanunggal berada tak jauh dari ibukota yakni di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Goa-goa di Klapanunggal juga berdampingan dengan industri semen lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+