Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Destinasi Wisata yang Populer untuk Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 30/12/2015, 11:25 WIB
KOMPAS.com - Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan booking online tiket pesawat dan hotel, merilis tren liburan akhir tahun 2015.

Berdasarkan studi dari 5 juta pengguna aplikasi mobile Traveloka selama November hingga Desember 2015, kota Yogjakarta, Bandung, dan Bali menjadi destinasi domestik terpopuler yang paling banyak dicari oleh pengguna.

Sementara Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok menjadi destinasi terpopuler untuk tujuan internasional.

Dalam studi ini diketahui juga bahwa 50 persen wisatawan Indonesia ternyata melakukan pemesanan hotel tujuh hari sebelumnya hingga di hari yang sama saat liburan (spontaneous travel). Sementara separuh sisanya memesan hotel lebih dari 8 hari sebelum liburan.

“Dari data tersebut menunjukkan antusiasme wisatawan Indonesia dalam menyambut liburan akhir tahun 2015 yaitu dengan mempersiapkan akomodasi liburannya sejak jauh-jauh hari,” CEO Traveloka, Ferry Unardi, seperti terungkap dalam siaran pers.

Secara umum, mayoritas wisatawan Indonesia hanya menghabiskan selama 1-2 malam untuk berlibur di akhir tahun 2015. Hal ini dapat dilihat dari 40 persen wisatawan Indonesia yang menghabiskan liburan untuk 1 malam dan 45 persen lainnya memesan untuk 2 malam.

Hanya 10 persen wisatawan yang merencanakan liburan selama 3 malam dan 5 persen sisanya memilih menetap untuk 4 malam atau lebih di hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com