Kompas.com - 30/12/2015, 11:25 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan booking online tiket pesawat dan hotel, merilis tren liburan akhir tahun 2015.

Berdasarkan studi dari 5 juta pengguna aplikasi mobile Traveloka selama November hingga Desember 2015, kota Yogjakarta, Bandung, dan Bali menjadi destinasi domestik terpopuler yang paling banyak dicari oleh pengguna.

Sementara Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok menjadi destinasi terpopuler untuk tujuan internasional.

Dalam studi ini diketahui juga bahwa 50 persen wisatawan Indonesia ternyata melakukan pemesanan hotel tujuh hari sebelumnya hingga di hari yang sama saat liburan (spontaneous travel). Sementara separuh sisanya memesan hotel lebih dari 8 hari sebelum liburan.

“Dari data tersebut menunjukkan antusiasme wisatawan Indonesia dalam menyambut liburan akhir tahun 2015 yaitu dengan mempersiapkan akomodasi liburannya sejak jauh-jauh hari,” CEO Traveloka, Ferry Unardi, seperti terungkap dalam siaran pers.

Secara umum, mayoritas wisatawan Indonesia hanya menghabiskan selama 1-2 malam untuk berlibur di akhir tahun 2015. Hal ini dapat dilihat dari 40 persen wisatawan Indonesia yang menghabiskan liburan untuk 1 malam dan 45 persen lainnya memesan untuk 2 malam.

Hanya 10 persen wisatawan yang merencanakan liburan selama 3 malam dan 5 persen sisanya memilih menetap untuk 4 malam atau lebih di hotel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.