Wat Arun, Pusat Perayaan Tahun Baru di Thailand

Kompas.com - 31/12/2015, 16:54 WIB
Wisatawan asing memberi makan ikan Patin di Sungai Chaophraya, Bangkok, Thailand. KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZALWisatawan asing memberi makan ikan Patin di Sungai Chaophraya, Bangkok, Thailand.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com – Menghabiskan liburan akhir tahun, Thailand merupakan destinasi wisata yang tepat. Selain terkenal sebagai destinasi wisata luar negeri dengan biaya yang tidak terlalu mahal, negara tersebut juga terkenal dengan pesona keindahan yang dimilikinya.

Wisatawan dapat mengikuti countdown Tahun Baru 2016 bersama di Thailand. Perayaan tersebut akan dirayakan di seluruh negeri dengan pusat utamanya di Bangkok yaitu di Wat Arun, yang merupakan landmark penting kerajaan.

Berlokasi di Wat Arun, Thailand Countdown 2016 akan dipimpin oleh Perdana Menteri Thailand, yakni Jenderal Prayuth Chan-ocha.

"Selama musim perayaan Tahun Baru, Thailand telah meluncurkan beberapa kegiatan untuk mempromosikan pariwisata bagi wisatawan domestik maupun internasional. Di antara kegiatan tersebut, Thailand Countdown 2016 di Wat Arun diatur untuk membantu memperkuat citra baik Thailand sebagai tujuan wisata bagi dunia,” ungkap Yuthasak Supasorn, Gubernur Tourism Authority Thailand, seperti siaran pers yang diterima KompasTravel.

Yuthasak juga menambahkan, acara besar tersebut sekaligus untuk memperingati ulang tahun ke-88 Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej dan ulang tahun ke-84 Ratu Sirikit.

Menjadi pusat perayaan tahun baru di kerajaan, Thailand Countdown 2016 akan berlangsung di tepi Sungai Chao Phraya pada 29-31 Desember 2015. Di sana, penonton bisa menyaksikan latihan pertunjukan selama 29-30 Desember 2015, pukul 21.00 sampai 22.00 di Taman Nagaraphriom.

Puncak hitungan mundur tahun 2016 akan berlangsung di Wat Arun yang merupakan ikon utama untuk merayakan kedatangan Tahun Baru. Selain itu, pada malam tahun baru tepatnya pada pukul 12 malam, menara Wat Arun akan diperindah oleh sinar terang yang diperoleh dari layar piroteknik selama 9 menit dan letupan dari 5.500 kembang api.

Setelah pesta kembang api, akan ada tampilan selama 45 menit pada 'Chronicle of Land' berupa pencahayaan multi-media dan video maping pada stupa dari Wat Arun bersamaan dengan musik yang dibawakan oleh Mahanakhorn Philharmonic Orchestra dan Usa Asil, multi-budaya ASEAN ensemble musik.

Lalu, untuk umat Buddha, dapat bergabung untuk Tahun Baru suci dengan berdoa di kuil-kuil sekitar Thailand. Hal itu merupakan cara lain untuk menyambut Tahun Baru dengan berdoa untuk memohon kemakmuran di tahun mendatang.

"Kami ingin memberikan perayaan besar tersebut sebagai hadiah khusus kepada masyarakat Thailand dan wisatawan Internasional untuk acara tahun baru. Thailand Countdown 2016 di Wat Arun dan Chao Phraya Riverbank akan menarik lebih banyak wisatawan di seluruh dunia serta mendorong pengunjung ke Thailand.” Tutup Yuthasak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X