Kompas.com - 02/01/2016, 13:40 WIB
EditorI Made Asdhiana
GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tahun 2015 secara keseluruhan mencapai 2,64 juta orang.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono di Gunungkidul, Sabtu (2/1/2016), mengatakan sampai Jumat (31/12/2015) malam, kunjungan mencapai 2.642.759 orang dengan jumlah pemasukan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 20.980.945.431.

"Pada 2015, jumlah kunjungan wisata melebihi target yakni 2,6 juta orang," kata Hary.

Ia mengatakan pantai masih mendominasi kunjungan selama 2014, disusul Goa Pindul, Sri Gethuk, Nglanggeran, Kali Suci menjadi alternatif tujuan wisatawan.

"Sekitar 80 persen pengunjung mendatangi pantai," katanya.

Hary mengatakan pada 2016 target kunjungan wisatawan yang dibebankan oleh pemerintah daerah di atas 2015, dengan PAD lebih dari Rp 20 miliar. "Angka pastinya tidak hafal," katanya.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Wisatawan yang akan menelusuri Goa Kalisuci, di Gunung Kidul, DI Yogyakarta diangkut dengan mobil pick up menuju pusat informasi setelah melakukan cave tubing.
Untuk itu, pihaknya terus melakukan inovasi untuk menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul.

"Nanti dari sisi kebersihan akan ditingkatkan, dan beberapa fasilitas akan kita tambah, agar kenyamanan wisatawan meningkat," katanya.

Selain itu, sorotan terhadap kebocoran retribusi, Disbudpar Gunungkidul akan berkoordinasi dengan instansi lain.

Kepala Disbudpar Gunungkidul Saryanto mengungkapkan pihaknya sudah mengantisipasi adanya kebocoran retribusi dengan menambah petugas pungut retribusi. "Kami juga meminta bantuan dari Satpol PP, Polri, TNI dan petugas dari Dishubkominfo," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.