Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentra Batik Trusmi Buka Wisata Edukasi

Kompas.com - 04/01/2016, 11:06 WIB
CIREBON, KOMPAS.com - Sentra batik Trusmi yang berada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, segera membuka wisata edukasi lokal seperti membatik, melukis topeng, membuat topeng dan menari topeng semuanya budaya Cirebon.

"Kami akan membuka wisata edukasi lokal yaitu cara membatik, cara membuat topeng dan menari topeng. Semuanya itu adalah ciri khas Cirebon," kata pemilik toko Batik Trusmi, Ibnu Iryanto saat bertemu dengan wartawan di Cirebon, Minggu (3/1/2016).

Wisata edukasi tersebut adalah salah satu cara mengenalkan budaya Cirebon kepada masyarakat luas dan diharapkan bisa memberikan kesan tersendiri ketika mengunjungi Cirebon.

Ia menuturkan untuk wisata edukasi tersebut akan segera dibuka, karena sekarang ini masih dalam pembenahan sarana dan prasarana.

"Masih dalam pembenahan dan kami menginginkan budaya lokal terutama di Trusmi dan umumnya di Cirebon bisa dikenal oleh masyarakat luas," tuturnya.

KOMPAS/AGUS SUSANTO Ilustrasi: membatik
Selain membatik, menurut Ibnu, pihaknya juga berencana memberikan hiburan tari topeng dan juga bisa dijadikan sebuah latihan atau wisata edukasi.

Ia berharap dengan adanya wisata edukasi di Trusmi bisa menambah daya tarik lagi bagi pengunjung batik khas Cirebon tersebut.

"Kami berharap besar dengan adanya wisata edukasi, kami bisa mengangkat Cirebon," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com