Kompas.com - 07/01/2016, 15:11 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Siang itu, suasana desa tampak sepi. Tak banyak terlihat orang lalu-lalang melewati jalan utama desa. Umumnya pintu rumah-rumah warga dalam keadaan tertutup.

Hanya satu atau dua orang yang terlihat duduk-duduk santai di depan rumahnya. Suasana siang yang gerah itu mungkin membuat sebagian warga desa lebih memilih untuk beristirahat siang.

Entah dari mana asalnya, tiba-tiba muncul seseorang mengikuti saya dari belakang. Saya sempat kaget saat melihat wajah orang ini. Sepintas mirip wajah almarhum Cak Gombloh, penyanyi legendaris asal Kota Surabaya yang kondang dengan lagu “Kebyar-kebyar” nya itu.

Kami bertegur sapa dan saling bersalaman. Ia pun memperkenalkan diri dengan nama Nizar (65 tahun).

“Masih ada hubungan keluarga dengan Gombloh, Pak?” tanya saya setengah bercanda.

“Banyak pengunjung gua mengira saya ini masih saudaranya Gombloh loh, Dik!” balasnya sambil tersenyum.

Menurut pengakuan Pak Nizar, ia sama sekali tak punya hubungan darah alias bersaudara dengan penyanyi bersuara merdu itu. Wajahnya kebetulan saja mirip almarhum Gombloh yang sudah lama tiada.

Tanpa banyak bertanya, Pak Nizar kemudian menuntun saya menuju mulut goa. Saat masuk beberapa langkah, hidung saya mulai mencium bau khas dari dalam gua. Bau yang ditimbulkan oleh kotoran kelelawar.

Saya semakin penasaran saja dan ingin melihat lebih jauh lagi seisi goa itu. Sementara Pak Nizar mengikuti persis di belakang saya.

“Hati-hati jalannya Sik, jangan sampai terperosok,” nasehatnya pada saya saat masuk ke dalam ruang gua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Kompasiana


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.