Padamarang, Pulau Perawan di Kolaka yang Mudah Diakses

Kompas.com - 07/01/2016, 18:11 WIB
KOMPAS.COM/SUPARMAN SULTAN Hamparan pantai pasir putih yang belum terjamah wisatawan
KOLAKA, KOMPAS.com - Sejak dahulu hingga sekarang, destinasi wisata bahari milik Indonesia begitu terkenal. Hal ini tidak terpelas dari sebagian besar wilayah Republik ini didominasi lautan.

Maka secara otomatis karunia yang besar ini adalah modal utama menempatkan Indonesia sebagai daerah wisata bahari terbesar di dunia. Seiring waktu berjalan, kini Indonesia makin kaya dengan pilihan wisata bahari.

Salah satunya terletak di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara. Di daerah ini terdapat gugusan Kepulauan Padamarang yang terdiri dari sejumlah pulau-pulau kecil dan besar.

Masing-masing pulau memiliki karakteristik yang berbeda, contohnya pesisir pantai pasir putih yang masih perawan. Perpaduan birunya laut dan putihnya pasir yang tampak dari udara seakan menjadi jawaban bahwa daerah ini belum terjamah oleh wisatawan.

Sehingga bagi Anda penikmat wisata bahari bisa mendapatkan kesan yang berbeda jika berkunjung ke Pulau Padamarang, Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Hal lain yang mejadi daya tarik jika berwisata di pulau ini adalah jaraknya dari pusat kota yang tidak terlalu jauh. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kapal nelayan untuk menjangkau lokasi ini.

Begitu tiba, rasa lelah selama perjalanan akan terbayar dengan kondisi alam yang masih perawan. Wisatawan akan merasa jauh dari pusat peradaban, saking hening dan “perawannya’’ pulau tersebut.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei dengan gesit melihat kesempatan ini. Ia mengatakan seiring dengan keinginan pemerintah pusat mengembangkan wisata bahari maka sangat perlu Kepulauan Padamarang ini masuk dalam daftar destinasi wisata bahari yang dimaksud. Kini sejumlah fasilitas telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kolaka.

“Sebagai langkah awal kita telah siapakan empat tempat peristrahatan bagi wisatawan. Ada juga kamar mandi air tawar dan aula pertemuan. Ini langkah awal. Kebutuhan wisatawan lainnya akan kami siapkan,” katanya, Kamis (07/01/2015).

Masalah akses, wisatawan akan merasakan kemudahan. Jika menggunakan jalur udara tinggal menuju Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Pilihan lain rute udara adalah menuju bandara Sangia Nibandera yang terletak di Kota Kolaka.

Dari bandara tersebut, kemudian menempuh jalur darat ke pusat kota sekitar 30 menit. Dari pusat kota, Anda dapat melanjutkan perjalanan jalur laut ke pulau “virgin” ini dengan menumpang kapal nelayan. Lama tempuh perjalanan kurang lebih selama 30 menit.

Jadi tidak butuh waktu lama guna menjamah gugusan Kepulauan Padamarang. Kini para petualang wisata bahari ditantang untuk menjamah destinasi wisata bahari yang satu ini.

Sebagai wisatawan yang pandai dan kreatif pasti akan meninggalkan cerita menarik ketika berkunjung ke Pulau Padamarang, pulau yang masih perawan dari kunjungan wisatawan lokal dan internasional.



EditorNi Luh Made Pertiwi F

Close Ads X