Singkong Goreng dan Kopi Hitam Kala Hujan, Nikmat...

Kompas.com - 07/01/2016, 19:14 WIB
Singkong bakar dan kopi Kompas.com/Wahyu Adityo ProdjoSingkong bakar dan kopi
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
DEPOK, KOMPAS.com - Saat musim hujan, menyeruput kopi dan menyantap singkong goreng bisa jadi pilihan nikmat. Apalagi sambil membaca buku dan ditemani musik yang melantun melalui pengeras suara.

Salah satu pilihan kedai yang mewarkan suasana tersebut ada di Depok, Jawa Barat. Kedai ini memiliki beragam pilihan kopi nusantara dan camilan seperti singkong goreng serta perpustakaan kecil. Kedai tersebut bernama Kedai Kopi Kimung.

Kedai Kopi Kimung punya menu-menu kopi seperti Kopi Kimun dan Kopi ala Turki. Kopi yang digunakan berasal dari Aceh-Gayo, Sumatera Utara-Mandailing, Toraja-Kalosi, dan Papua-Wamena.

"Kita sajikan kopi dengan berbagai cara penyajian. Setiap penyajian punya ciri khas rasa," kata Supervisor Kedai Kopi Kimung, Dendi Ginanjar kepada KompasTravel di Depok, Jawa Barat, Rabu (6/1/2016).

KompasTravel sempat mencipipi menu camilan singkong goreng sambal roa, roti bakar, dan Kopi ala Turki. Kopi ala Turki adalah kopi yang disajikan dengan cara masyarakat Turki yakni dengan menggunakan ibrik.

Di sudut dekat tangga menuju ruangan merokok terdapat perpustakaan kecil dengan tiga rak berisi buku-buku. Di bagian atas rak, tertulis "Hanya untuk dibaca di tempat".

Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Kedai Kopi Kimung, Depok
Di Kedai Kopi Kimung, pengunjung bisa memilih dua jenis ruangan yakni smoking room atau non-smoking. Area smoking room berada di lantai satu dan non smoking di lantai dasar.

Kedai Kopi Kimung juga tak menjadi sekedar tempat nongkrong. Salah satu pengunjung Kedai Kopi Kimung, Rosia Shinta mengatakan ia biasa mengunjungi untuk mengerjakan tugas kuliah.

"Saya biasa datang sama temen-temen ke sini. Sekarang, mau ngerjain tugas kuliah," kata perempuan yang sedang menempuh program Magister Ilmu Kepolisian, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universita Indonesia.

Duduk di ruangan smoking-room, Shinta memesan pilihan minuman Kopi Kimung dan singkong goreng sambal roa. Ia mengatakan Kedai Kopi Kimung punya tempat yang bisa menawarkan tempat makan dan juga tempat untuk belajar.

Adapun makanan pendamping minum kopi yang tersedia nasi rawon Kimung, aneka nasi goreng, nasi pecel Magelang, ketoprak telur, mie nyemek Kimung, mie goreng Jawa, siomay, kentang goreng, singkong goreng, pisang goreng, pempek, dan bubur.

Kedai Kopi Kimung dibuka oleh seorang dokter bernama Syahrizal Syarif. Sedangkan nama Kimung adalah nama panggilan dari Syahrizal kepada isterinya, Emila Said. Kedai Kopi Kimung terletak di Jalan Margonda Raya no 451, Pondok Cina, Depok, Jawa Barat.

Kedai Kopi Kimung buka setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00-11.00 WIB dan Sabtu-Minggu mulai dari pukul 08.00-12.00 WIB.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X