Kompas.com - 09/01/2016, 12:35 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Benoa di Bali dianggap menjadi kunci sukses pengembangan industri wisata kapal pesiar di Indonesia. Jika Pelabuhan Benoa bisa menerima kunjungan kapal pesiar dengan jenis turn around out, maka jumlah turis asing akan meningkat.

"Pelabuhan Benoa sudah beberapa tahun menjadi permintaan kapal pesiar tetapi cuma sampai sekarang belum terjadi. Industri mengharapkan Pelabuhan Benoa bisa menjadi turn around out port. Kapal pesiar bisa mendatangkan kunjungan turis asing yang banyak," kata Managing Director Cruise Asia, Yasa Sediya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Ia mengatakan sebelum menjadi turn around out port, tingkat kedalaman laut di pelabuhan harus ditingkatkan. Hal itu akan menarik kedatangan kapal-kapal pesiar yang berukuran besar ke Pelabuhan Benoa.

"Ketika itu sudah terjadi (pelabuhan turn around out) pelabuhan lain akan kena dampaknya. Kuncinya pengembangan pelabuhan di benoa. Kalau sudah ada koordinasi yang baik untuk kapal bisa sandar dan terminalnya memadai kami sangat yakin akan banyak cruise lain membawa kapalnya ke Indonesia." jelasnya.

Yasa mengatakan selama ini Bali merupakan destinasi wisata yang paling siap untuk dikunjungi turis asing kapal pesiar. Ia mengatakan Bali memiliki obyek-obyek wisata dan juga fasilitas untuk menginap.

Turn Around Out adalah sebuah istilah di industri pelabuhan. Aliansi Otoritas Pelabuhan Amerika (APPA) mendefinisikan turn around out adalah sebuah pelabuhan yang memungkinkan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang untuk melakukan jadwal perjalanan.

Sementara Yasa menyebutkan turn around out adalah sistem operasional kapal di pelabuhan yang berbeda. Ketika kapal datang dengan penumpang yang penuh sampai ke pelabuhan, penumpang di kapal akan keluar dan melakukan check out. Setelah itu, kapal pesiar akan pergi untuk mengambil penumpang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.