Kompas.com - 12/01/2016, 10:14 WIB
Wisatawan tiba di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/4/2014). KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAWisatawan tiba di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/4/2014).
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata menetapkan angka target kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat sebesar 3 juta pada tahun 2016. Jumlah tersebut meningkat 50 persen dari angka target kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat yakni 2 juta.

"Lombok harus bisa tumbuh 50 persen. Masing-masing (wisatawan mancanegara dan nusantara) 1,5 juta," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutan Launching Festival Pesona Tambora 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (11/1/2016).

Untuk mencapai target kunjungan tersebut, Arief mengatakan Lombok harus memiliki nilai jual tersendiri dibandingkan dengan Bali. Ia menyatakan selama ini Lombok hanya menjadi destinasi wisata kedua setelah Bali.

"Main destination-nya itu Bali. Kalau mau jadi main destination, harus punya positiniong. Kita sudah tetapkan jadi halal destination," jelas Arief.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Dino Eka Putra dan Lily Suryani, peserta lomba ultramaraton sejauh 320 kilometer Trans-Sumbawa 200, disambut pelajar dan masyarakat di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Rabu (8/4/2015). Ultramaraton yang harus diselesaikan peserta maksimal 67 jam ini diselenggarakan dalam rangkaian peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora yang menewaskan 71.000 orang pada 1815.
Gubernur Nusa Tenggara Barat M. Zainul Majdi dalam jumpa pers Launching Festival Pesona Tambora 2016 menyatakan kesiapannya untuk menyambut target Menteri Pariwisata menarik 3 juta kunjungan wisatawan.

"Kami siap dengan (kenaikan) target 50 persen. Saya yakin Pak Arief orang baik dan akan mendukung," jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Mohammad Fauzal kepada KompasTravel mengatakan jika cara yang akan ditempuh adalah dengan menghadirkan festival-festival untuk menarik kunjungan wisatawan. Salah satu festival yang akan diselenggarakan adalah Festival Pesona Tambora 2016.

"Kualitas dan branding event yang kita kuatkan. Ini tugas berat kita," kata Faozal.

Adapun 12 festival yang akan hadir pada tahun 2016 adalah Festival Bau Nyale di Pantai Seger, Festival Mbojo di Bima, Festival Tambora di Gunung Tambora, Festival Mentaram di Mataram, Bulan Budaya Lombok Sumbawa Mataram, Festival Senggigi, Festival Moyo, Festival Gili Indah, Festival Muharam Selong, Festival Moyo Lakey, dan Festival Taliwang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.