Kompas.com - 15/01/2016, 09:25 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
GORONTALO, KOMPAS.com - Promosi obyek wisata taman laut Olele dan Danau Limboto di Provinsi Gorontalo akan semakin digencarkan. Kedua destinasi wisata ini diharapkan menjadi ikon yang kuat untuk menarik wisatawan.

Taman Laut Olele merupakan lokasi penyelaman terbaik di kawasan Teluk Tomini, yang selama ini justru banyak dinikmati wisatawan mancanegara sebelum atau sesudah dari Kepulauan Togean.

Olele menawarkan keindahan bawah laut yang spektakuler, seperti banyaknya karang Salvadore Dali ukuran raksasa.

Di Olele juga ditemukan keragaman jenis karang yang tinggi. Ini adalah rumah berbagai biota laut yang indah untuk disaksikan. Goa Jin di bawah permukaan laut, bangkai kapal juga menawarkan sensasi penyelaman.

Olele selama ini andalan utama Kabupaten Bone Bolangoyang berjarak 25 km dari pusat kota Gorontalo, bisa ditempuh melalui jalur darat dan laut.

Di bagian daratan, danau Limboto dengan landskapnya yang indah adalah lokasi terbaik untuk melihat keragaman burung-burung air dan pemangsa. Di danau ini juga terdapat sumber mata air panas yang suhunya konstan 75 derajat celcius.

“Pengunjung bisa menikmati kolam pemandian air panas sepuasnya, juga ada penginapan, kolam renang,” kata Ronny Monoarfa, pengelola Pentadio Resort di Kabupaten Gorontalo Rabu (13/1/2016).

KOMPAS.com/ ROSYID A AZHAR Nelayan di Danau Limboto, Provinsi Gorontalo
Di sisi seberang danau, terdapat kawasan perbentengan Otanaha dengan 3 buah benteng berarsitektur Portugis di sebuah puncak bukit kapur. Dari benteng ini pemandangan bagus terhampar hingga ke pinggir danau.

Kawasan benteng ini juga merupakan lokasi pengamatan burung sepanjang hari, mulai pagi hingga sore. Burung-burung endemik Sulawesi bisa disaksikan di sini.

“Kami sudah membuat dokumentasi foto berbagai jenis burung di kawasan Otanaha, ada masa-masa tertentu burung-burung jenis tertentu banyak disaksikan,” kata Idham Ali, fotografer satwa liar Gorontalo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.